Rabu, 27 Juni 2012

Profil Wirausahawati : Hj. Dharma


 
Futery Bakery
Jalan Rappokalling

Profil Owner
 Hj. Darma lahir di Makassar pada tanggal 23 Juni 1952, memiliki 3 orang anak  ,bernama Fitri bersekolah di SMA TELKOM SHANDY PUTRA, Yusuf bersekolah di SMP 22 Makassar dan Putri bersekolah di SD rappokalling. Hj. Darma memulai karirnya dengan mengikuti Kursus Tata Boga selama 1 tahun setelah meniakh dengan Hj. Supu (Pekerja dari orang tua Hj. Darma di empang mereka). Hj. Darma  lahir dari sebuah keluarga yang hidup sangat sederhana. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara diamana  Keluarga Hj. Darma sangat bergantung pada hasil empang mereka.

Profil Usaha
Menjual berbagai macam kue (Kue Browniest, Kue Ulang Tahun, Roti) dan juga sebagai distributor kue ke berbagai Mini Market / Toko misalnya Carrefour, Indomaret, Toko Mursalim di jalan Sunu, dan Top Mode di Jln. Perintis Kemerdekaan.
Proses Memulai Usaha
Sebelum menjadi  Owner dari Futery Bakery , Pak H. Supu bekerja sebagai Penjaga Empang dan Penangkap ikan selama beberapa tahun milik ayah Bu Hj. Darma (Istrinya sekarang). Selang beberapa lama Pak H. Supu akhirnya menikahi anak dari si pemilik empang tersebut. Setelah menikah Pak H. Supu dan Bu Hj. Darma memiliki rumah yang begitu kecil dan mereka menjual bahan- bahan bangunan seperti pasir, semen, dan batu kerikil,  namun usaha tersebut milik mertua mereka .
Kemudian Bu Hj. Darma  mengikuti kursus tata boga selama 1 tahun, setelah mendapatkan ilmu  dari tata boganya Bu Hj. Darma  mulai mengaplikasikan Ilmunya dengan membuat kue kecil – kecilan , lama kelamaan Bu Hj. Darma  membuat kue ulang tahun , roti, jue browniest dan berbagai macam jenis kue lainnya. Ternyata kue tersebut Sangat mendapatkan apresiasi dari masyarakat Rappokalling, sehingga Bu Hj. Darma beserta Pak H. Supu berinisiatif untuk mengembangkan usahanya tersbut, dimana modal awal mereka dapat pinjaman dari Bank BRI sebanyak 35 juta. Seiring berjalannya waktu Futery Bakery ini semakin di kenali banyak orang dan tak dapat di pungkiri pesanan pun semakin banyak , mau tidak mau Futery Bakery ini membutuhkan banyak karyawan, karyawan dari Futery Bakery sendiri sudah mencapai puluhan orang. Nama FUTERY BAKERY sendiri di ambil dari nama anak mereka yakni Putri.
          Merasa nama dan kualitas Futery Bakery telah mendaptkan kepercayaan dari mayarakat maka Futery Bakery berinisiatif untuk mendapatkan Licensi dari Depkes agar pasokan kuenya dapat di jual di toko – toko / Mini market lebih besar lagi seperti Carrefour, Indomaret, Toko Mursalim (Jalan Sunu) Top Mode (Jln. Perintis Kemerdekaan), dan masih banyak toko lainnya. Adapun omset yang di terima tiap bulannya adalah Rp. 25 juta-an belum teramasuk gaji karyawan, jadi jika di hitung - hitung pendapatan bersihnya sekitar Rp. 15 jutaan
    
Sudah berapa lama Futery Bakery berdiri ?
Futery Bakeri ini telah berdiri kurang lebih selama 3 tahun.
 

Hambatan dan Cara Mengatasinya
 Adapun hambatan yang di jumpai oleh Futery Bakery ini adalah masih terbatasnya dana untuk membuat banyak cabang, dan begitu banyak saingan , namun hal itu tak memtuskan semngat dari Futery Bakery untuk tetap maju jadi mereka mengambil solusi dengan menjual kue mereka lebih terjangkau harganya jadi semua kalangan masyarakat dapat menikmati enaknya Futery Bakery.
 

Buah Manis dari Sebuah Kerja Keras
Dari kerja keras dan Kesabaran  Pak H. Supu dan Bu Hj. Darma kini terlah terbayarkan dengan Rumah yang begitu Besar dimana ruamah si Pemilik Futery Bakery ini termasuk salah satu rumah yang terbesar di Rappokalling, beberapa Mobil dan yang lebih membanggakan lagi anak tertua mereka kini bersekolah di SMK SHANDY PUTRA TELKOM, anak kedua mereka bersekolah di SMPN 22 Makassar, dan anak ketiga mereka masih duduk di sekolah dasar, makan dari semua ini adalah “saya sangat bersyukur Karen aanak saya semuanya bias merasakan indah masa – masa sekolah, tidak seperti kami yang tidak pernah merasakan bangku sekolah, kata Pak H. Supu”
For The Future
Semoga Futery Bakery ini bisa di jadiakn sebagai Oleh – Oleh Khas Makassar dan semoga Futery Bakery ini akan selalu exist , semakin berkembang dan Semoga Futery Bakery ini bisa mempunyai cabang yang lebih banyak lagi .Amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar