Rabu, 27 Juni 2012

Business Plan : Organic Batik Shop (ICP 09)


A.  Deskripsi Usaha
1.  Visi dan Misi
a.    Visi
Menjadi toko yang menyediakan aneka sepatu dan sandal batik modern dari bahan organic yang memiliki aneka macam motif  yang mencirikan budaya bangsa dengan harga terjangkau
b.    Misi
Untuk mewujudkan  visi tersebut maka ditetapkan beberapa misi yang harus dilaksanakan , yaitu :
1)    Menyediakan produk sepatu dan sandal batik organik yang berkualitas dan menarik perhatian konsumen
2)   Menyediakan desain khusus bagi konsumen yang ingin memesan secara khusus
3)   Memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen

2.  Analisis Situasi
Batik adalah tradisi bangsa Indonesia peninggalan leluhur, yang sudah dilestarikan oleh para perajin secara turun temurun. Keberadaannya sudah diakui oleh dunia sebagai warisan budaya yang sangat adi luhung. Dengan batik Indonesia dikenal diseluruh dunia sebagai bangsa yang mempunyai budaya yang sangat tinggi. Keberadaan batik sebagai salah satu simbol ketinggian budaya bagi bangsa indonesia sudah tidak diragukan lagi.
Perkembangan batik tersebut, memang sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia, karena dengan pengembangan tersebut, bukan hanya budaya leluhur dapat dilestarikan, tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga bagi para pelaku perajin batik. Bahkan batik yang diproduksi secara masal dapat dikembangkan sebagai barang industri yang bisa dieksport dan dapat mendatangkan devisa bagi negara.
Sayangnya, proses pembuatan batik tersebut ternyata menimbulkan ancaman pencemaran lingkungan. Pencemaran ini dipicu dari pemakaian pewarna batik yang masih mengandalkan bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan, bukan hanya bagi para pelaku pengrajin batik, tetapi juga hasil pembuangannya bisa menyebabkan pencemaran air. Hal ini terjadi karena tidak semua pengrajin mempunyai dana yang cukup untuk mengelola limbah dari proses pembuatan batik tersebut. Akibatnya limbah tersebut bisa menimbulkan pencemaran bagi lingkungan sekitar pengrajin batik tersebut.
Perkembangan peminat batik di makassar saat ini sangat bagus dan cepat. Ini terbukti dengan pemakaian Batik ke kantor, ke kampus oleh mahasiswa, dan ke acara-acara non formal lainnya. Oleh karena itu, merupakan suatu peluang yang bagus untuk menjual produk batik organic khususnya sepatu dan sandal.
Saat ini, banyak masyarakat yang telah menggunakan pakaian batik dengan berbagai variasi motifnya, sehingga “Batik Organik Shop” ingin melakukan inovasi pada pembuatan sepatu dan sandal batik karena masih jarang yang menggunakan. Selain itu, outlet akan didesain dengan menggunakan batik sehingga menarik perhatian masyarakat dan harga sepatu serta sandal batiknya terjangkau dengan kualitas yang baik.

3.  Gambaran Produk
a.    Keunggulan Produk
Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Saat ini telah bermunculan toko-toko batik bahkan di pasar tradisional telah banyak yang menjual batik sehingga persaingan semakin ketat. Namun sebagian besar menjual pakaian dan tas-tas batik, masih jarang sepatu-sepatu dan sandal-sandal batik sehingga  melalui promosi dan pamphlet maupun iklan di jejaring social diharapkan masyarakat dapat mengetahui adanya toko batik yang menjual beraneka ragam sepatu batik modern dengan desain-desain unik dan menarik serta harga yang relative murah.
b.    Keunikan Produk
Keunikan produk adalah pembeli dapat melakukan pemesanan khusus apabila menginginkan desainnya sendiri dan juga sepatu dan sandal batik yang tersedia mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain itu tersedia juga sepatu dan sandal batik couple dan keluarga serta teknik penjualan yang mengikuti perkembangan IT dalam menunjang proses penjualan.

4.  Lingkungan Tempat Penjualan
Lokasi toko berada di Jalan Somba Opu. Lokasi ini dekat Pantai Losari yang sudah menjadi salah satu icon kota Makassar yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan wisatawan domestic. Lokasinya sangat strategis dan mudah diakses serta banyak dilalui pengguna jalan.

5.  Model Bisnis
Model bisnis yang dijalankan dengan model pembukaan outlet di Jalan Somba Opu serta promosi melalui jejaring social yang secara umum telah digunakan oleh masyarakat luas.

6.    Resiko
Adapun resiko yang mungkin terjadi selama perjalanan usaha serta usaha untuk menanggulanginya, yaitu :
a.    Persaingan
Saat ini, bisnis batik mulai banyak berkembang hingga promosi di jejaring social. Hal ini tentunya menumbuhkan persaingan antar sesame toko batik. Sehingga hal ini harus disiasati, misalnya dengan menawarkan harga yang relative murah dengan desain unik dan terkesan modern.Karena, masih banyak remaja yang beranggapan batik membuat mereka nampak lebih tua. Oleh kartena itu dibutuhkan desain yang cantik untuk sepatu dan sandal sehingga dapat menarik perhatian semua orang dari anak-anak hingga dewasa.
b.    Keamanan
Gangguan kemanan merupakan hal yang sdh sering terjadi pada berbagai usaha, misalnya pencurian.Untuk meminimalisir terjadinya pencurian maka dipasang CCTV sehingga aktivitas dalam toko dapat diamati.

B.  Pemasaran
1.     Sasaran Pemasaran
Konsumen sebagai pegguna produk yang menjadi target pemasaran adalah masyarakat luas pada umunya dan remaja pada khususnya.

2.    Strategi Pemasaran
a.    Produk
Produk didesain dengan unik dan menarik yang terdiri dari berbagai macam variasi serta motif batik. Produk sandal dan sepatu dapat juga didesain sesuai keinginan pembeli.
b.    Harga Jual
Harga jual disesuaikan dengan jenis produknya dengan harga yang terjangkau
c.    Promosi
Promosi dilakukan melaui jejaring social seperti FB,Twitter,Koprol,dll dan pamphlet serta catalog.
d.    Sistem Pemasaran dan Distribusi
Pemasaran dilakukan mulai dari toko sandal dan sepatu batik yang terletak di Jalan Somba Opu dan jekaring social yang banyak digunakan masyarakat saat ini.

C.  Keuangan
Kebutuhan Modal Awal pada Bulan Pertama
Usaha “Organic Batik Shop”

Investasi yang diperlukan biaya produk

INVESTASI AWAL
No
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan
Harga Total
1.
Sepatu
3 lusin
Rp. 760.000,00
Rp. 2. 160.000,00
2.
Sandal
3 lusin
Rp. 480.000,00
Rp.1.  840.000,00
3.
Cermin
4 buah
Rp. 100.000,00
Rp.     400.000,00
4.
Rak Kaca
4 buah
Rp. 500.000,00
Rp. 2.000.000,00
5.
Meja Kasir
1 buah
Rp.1.000.000,00
Rp.1.000.000,00
6.
Patung kaki
20 buah
Rp.  100.000,00
Rp.2.000.000,00
7.
Kursi
4 buah
Rp.  100.000,00
Rp . 400.000,00
8.
Kamera CCTV
1 set
Rp.2.000.000,00
Rp.2.000.000,00
9.
Speaker
1 buah
Rp.  100.000,00
Rp.  100.000,00
10
Notebook
1 set
Rp.3.000.000,00
Rp.3.000.000,00
11.
Modem
1 buah
Rp.  300.000,00
Rp.  300.000,00
12.
Sewa Tempat
1 unit
Rp.5.000.000,00
Rp.5.000.000,00
13.
Kain batik
1 gulung
Rp. 1000.000,00
Rp. 1000.000,00
Total Modal Produksi yang dibutuhkan
Rp. 21.200.000,00
Honor konsultan (10% dari modal produksi)
Rp.   2.120.000,00
Total Investasi yang dibutuhkan
Rp.22.320.000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar