Rabu, 27 Juni 2012

Profil Wirausahawan : Ir. Christoforus Yohannes, M.T.


PROFILE PENDIRI
Nama                               :         Bapak Ir. Christoforus Yohannes, MT
Tempat/ Tanggal Lahir        :           Makassar, 16 Juli 1960
Alamat                                   :           Jl. Perintis Kemerdekaan Km 10.
                                                            Perum.Dosen UNHAS. Blok GB.31
                                                            Tamalanrea Makasar.
SEJARAH
Sekitar empat tahun yang lalu, tepatnya Juni 2008 berdiri sebuah Lembaga Pendidikan Robotika yang pada waktu itu terletak di daerah Pengayoman Makassar dengan nama CyberLogic Robotic Education, namun pada saat ini Kantor Pusat berada di Jl. Ratulangi No.53 J Makassar. Berdirinya lembaga pendidikan ini diprakarsai oleh seorang Dosen Teknik Elektro UNHAS yang merangkap Businessman (Bpk. Ir. Christoforus Yohannes, MT).  Beliau memiliki mimpi yang besar untuk membangun generasi muda yang aktif, kreatif dan inovatif melalui  Bimbingan Belajar Robotika.
LATAR BELAKANG
Robotika merupakan faktor yang penting dan terdepan dalam perindustrian dan dunia otomasi saat ini. Bidang ini sangat berkembang dan sulit untuk membuat sebuah kurikulum edukasi teknologi tanpa robotika. Sadar akan pentingnya ilmu robotika dalam dunia industri, CyberLogic berinisiatif untuk menciptakan sumber daya yang familiar teknologi dan siap bersaing di masa depan.
Menurut Pimpinan CyberLogic (Bpk. Ir. Christoforus Yohannes,MT ) mata pelajaran di tingkat sekolah di Sulawesi pada umumnya nyaris belum tersentuh ilmu robotika. Padahal, robotika sangat besar perannya di dunia modern saat ini. Seperti dalam kehidupan sehari-hari kita sangat kental diwarnai dengan benda-benda berunsur robotika seperti blender, hand drayer, traffic light dll.
Ilmu robotika sudah menyentuh mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di kota Makassar. Namun akan lebih baik jika ilmu tentang robotika dapat diterapkan dari jenjang pendidikan sejak dini.  “Nah jika anak-anak sejak bangku pendidikan dini (SD, SMP, SMA/SMK) sudah mengenal robotika bukan tidak mungkin makassar dapat menciptakan produk robotika yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” Dengan dasar inilah maka Bpk. Ir. Christoforus Yohanes, MT mendirikan sebuah wadah/ lembaga edukasi robotika yang selanjutnya diberi nama CyberLogic Robotic Education dengan tujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan akan dunia robotika kepada para pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

VISI DAN MISI CYBERLOGIC
a.     Visi
Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang sadar akan teknologi dengan kemampuan seimbang antara kompetensi-kompetensi teknis (IQ) dan kompetensi-kompetensi perilaku dan mental (EQ).
b.     Misi
Memperkenalkan dunia robotika kesemua lapisan masyarakat.
PRODUK CYBERLOGIC
Cyberlogic Robotik Education memiliki tiga jenis produk unggulan, yaitu :
a.     Fischertechnik
Fischertechnik,  merupakan salah satu perangkat robotika paling senior dan paling berpengalaman. Desain dan produksi dari Jerman, dengan sistem model konstruksi robotika yang luar biasa, untuk menghasilkan pembelajaran teknologi dengan sentuhan tangan.
b.     RoboRobo
RoboRobo merupakan perangkat robotika desain dan produksi Korea, dengan sistem model komponen robotika, untuk menghasilkan pembelajaran teknologi dengan kreativitas dan logika. Terdiri dari 5 Kit Robotik (Kit 1-5) yang dapat digunakan untuk membentuk berbagai macam robot sesuai dengan kreativitas pamilik.
c.     Bioloid
Merupakan desain tingkah laku yang menyerupai kegiatan atau aktivitas makhluk hidup, seperti tingkah laku anjing, laba-laba, dll .
 
AKTIVITAS CYBERLOGIC
Dalam mewujudkan Visi dan Misinya, Cyberlogic memiliki beberapa aktivitas, yang dapat dilihat dari gambar di bawah ini :

a.     Penjualan Robot
Pada bidang penjualan, CyberLogic berfokus pada 3 jenis produkya (Fischertechnik, Roborobo dan Bioloid). Selain itu, CyberLogic juga memberikan pelatihan pengenalan produk kepada pembeli sehingga pembeli nantinya diharapkan dapat bereksplorasi dengan robot yang dimilikinya.
b.     Seminar dan Workshop
Dalam memperkenalkan ilmu Robotika pada masyarakat luas khususnya di kota Makassar, CyberLogic telah melaksanakan beberapa kegiatan seminar dan workshop, baik yang diadakan oleh CyberLogic sendiri maupun yang diadakan oleh institusi yang lain. Beberapa kegiatan Seminar dan Workshop yang telah diikuti antara lain :
1.      Seminar dan Workshop Robotika STMIK Kharisma Makassar;
2.      Seminar Robotika Guru CIBI (Cerdas Istimewa Bakat Istimewa);
3.      Seminar Robotika Politeknik Negeri Ujung Pandang;
4.     Seminar Robotika Politeknik Sam Ratulangi Manado, dan lainnya.
          
c.     Kursus/Ekskul
1.      Kursus
Selain menjual produk Robot, CyberLogic Robotic Education juga membuka kursus buat para pelajar dan mahasiswa yang ingin mengetahui lebih jauh tentang dunia robotika. Adapun kursus yang diadakan oleh CyberLogic terbagi menjadi beberapa tingkatan level, yaitu : level Basic, Level Intermediate dan level Advance. Selain itu, CyberLogic juga membantu para pelajar yang akan ikut bertanding atau berkompetisi baik tingkat nasional maupun internasional.
2.      Ekskul
Selain kursus, CyberLogic juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk mengembangkan robotika di sekolah tersebut melalui kegiatan Ekstrakurikuler (Ekskul). Melalui kegiatan Ekskul ini diharapakan sekolah tersebut nantinya dapat membentuk klub robotik sendiri dan dapat mengikuti perlombaan-perlombaan di tingkat nasional dan internasional. Adapun bentuk kerjasama antara CyberLogic dengan sekolah adalah meliputi hal-hal berikut:
a)     Training Of Trainer (Training Guru)
Adapun untuk training guru meliputi :
-          Materi tentang pengenalan komponen, merakit dan memprogram
-          Materi tentang proses pembelajaran
b)      Kurikulum
-          Handout Siswa
-          Buku Perakitan
-          Seritifikat
c)      Pendampingan
-          Upgrade Pembelajaran
-          Upgrade Kurikulum
-          Upgrade Informasi

Ekskul
Beberapa sekolah yang telah menjalin kerjasama dengan CyberLogic dalah hal pelaksanaan Ekskul antara lain :
-     SD Metro School;
-     SD St Joseph Rajawali;
-     SD Hati Kudus;
-     SMP Darussalam;
-     SMP Negeri 2 Maros;
-     SMA Katolik Rajawali;
-     SMA Katolik Cendrawasih;
-     Jakarta International Multicultural School (JIMS);
-     Dan lainnya.
3.      Persiapan Pertandingan / Kompetisi
Selain kerjasama dalam bentuk ekskul, CyberLogic juga menawarkan kerjasama dalam bentuk persiapan kompetisi ke sekolah-sekolah. Persiapan kompetisi ini dimaksudkan buat sekolah-sekolah yang akan mengirimkan wakilnya untuk megikuti pertadingan robot di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Adapun beberapa event regional dan Nasional yang diikuti oleh sekolah-sekolah  dan disupport oleh CyberLogic antara lain :
-          Injuro (Indonesia Junior Robotic Olympic) 2010, Surabaya 25-26 Juni 2010 yang diikuti oleh 11 orang siswa dari SD St Joseph Rajawali, Makassar.
-          INAICTA (Indonesia ICT Award) 2010, Jakarta 23 – 24 Juli 2010 yang diikuti oleh 2 tim dari SD St Joseph Rajawali, Makassar.
-          Lomba Line Tracer (CIBI), Makassar 2 September 2010 yang diikuti oleh 6 orang siswa dari beberapa sekolah negeri yang memiliki kelas Akselerasi di Sulawesi Selatan dalam rangka menentukan wakil SulSel yang akan mengikuti lomba CIBI tingkat Nasional di Jawa Barat.
Adapun hasil dari Support yang dilakukan di sekolah-sekolah adalah :
-          Injuro (Indonesia Junior Robotic Olympic) 2010, yang diikuti oleh 11 orang siswa dari SD St joseph Rajawali yang dibagi menjadi 2 kategori lomba yaitu Line tracer dan Maze Solving. Adapun hasil yang diperoleh dari pertandingan tersebut adalah :
a)     Juara II Kategori Line Tracer
b)      Juara II Kategori Maze Solving
c)      Juara III Kategori Maze Solving
d)     Juara Special Award kategori Maze Solving
-           INAICTA (Indonesia ICT Award) 2010, Jakarta 23 – 24 Juli 2010 yang diikuti oleh 2 tim dari SD St Joseph Rajawali yang dibagi menjadi 2 kategori lomba yaitu Maze Solving dan Obstacle Race Robot. Adapun hasil yang diperoleh dari pertandingan tersebut adalah The Winner (1st) Kategori Obstacle Race Robot
-          Line Tracer Competition (CIBI), Makassar 2 September 2010 yang diikuti oleh 6 orang siswa dari beberapa sekolah negeri yang memiliki kelas Akselerasi di Sulawesi Selatan. Adapun dari hasil pertandingan ini adalah FACHRURRIJAL HARMAN dari SMU Negeri 17 Makassar memperoleh Juara I dan berhak untuk mewakili SulSel dalam lomba tingkat Nasional di Jawa Barat.
d.     Event
Aktivitas lain yang dikerjakan oleh CyberLogic adalah penyelenggaraan event. CyberLogic telah mengadakan beberapa event, baik event yang diadakan oleh Cyberlogic sendiri maupun event yang bekerja sama dengan pihak lain. Adapun beberapa event yang telah dilaksanakan oleh cyberLogic antara lain :
-       LCR (Lomba Cipta Robot), Makassar 14-16 Juni 2009. Event ini merupakan event robot pertama di Makassar yang melibatkan siswa dari berbagai jenjang pendidikan dan diadakan oleh CyberLogic.
-       RoboRobo War, Makassar 9-11 April 2010. Event ini merupakan event RoboRobo yang diadakan oleh CyberLogic dan berlangsung di Makassar Town Square (M’TOS) selama 3 hari. Jumlah peserta pada event ini sebanyak 150 peserta yang diikuti oleh 20 sekolah di Makassar.
-       Battle Robo, Makassar 17-18 Juni 2010. Event ini merupakan event RoboRobo yang diadakan oleh SD St joseph Rajawali bekerja sama dengan CyberLogic dan berlangsung di Aula SD St Joseph Rajawali.
-       RoboRobo War, Makassar 5-7 Agustus 2010. Event ini merupakan event RoboRobo war yang merupakan kerjasama antara SD Mulia Bhakti Makassar dengan CyberLogic. Event ini diadakan sebagai rangkaian acara porseni SD Mulia Bhakti.
-       Lomba Line Tracer (CIBI), Makassar 2 September 2010. Event ini merupakan hasil kerjasama antara CyberLogic dengan Kementerian Pendidikan Nasional Prov. Sulawesi Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar