Senin, 04 Juni 2012

Laporan Hasil Penjualan : EXplo-Cake



I.   RINGKASAN EKSEKUTIF
Keberadaan ubi jalar yang sangat banyak di daerah-daerah sekitar wilayah Indonesia khususnya pada daerah pegunungan sangatlah banyak. Banyak masyarakat yang lebih menyukai menanam tanaman ini karena dapat memberikan hasil yang banyak tiap produksinya. Hal ini berkaitan dengan sangat mudahnya tanaman ini ditanam dan menghasilkan produk yang sangat melimpah tiap kali proses pemanenan. Dari hasil perkebunan tersebut, kebanyakan di jual untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan hanya sebagian kecil masyarakat yang mengolahnya dan kemudian menjualnya dalam bentuk bahan olahan. Banyaknya hasil pertanian ini tidak seimbang dengan kebutuhan konsumen. Sehingga, hasil pertanian terkadang terbuang percuma.
Olahan ubi jalar masih sebatas, olahan yang tradisional, dan di gunakan untuk pemenuhan kebutuhan sendiri. Salah satu olahan yang dapat meninggkatkan nilai tambah dan nilai jualnya yaitu gorengan ubi jalar, produk ini masih sangat potensial untuk di kembangkan, mengingat besarnya peluang pasar yang dapat dituju dan munculnya keanekaragamaan gorengan ubi jalar maupun gorengan pada jajanan di pasaran. Hal ini membuka peluang yang lebih luas bagi pengembangan usaha insustri pengolahan ubi jalar goreng di Indonesia.
Bertolak dari hal inilah kami berinisiatif membuat sebuah usaha dagang dengan menggunakan ubi goreng sebagai bahan bakunya. Usaha ini kami beri nama “Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa”. Ubi jalar goreng ini berbeda dari ubi jalar goreng yang dijual pada umumnya. Ubi jalar goreng ini menawarkan rasa yang bervariasi mulai dari rasa barbeque, keju, pizza,balado, dan pedas manis. 
 “Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa” memiliki beberapa keunggulan yang menjadi daya tarik konsumen mengkonsumsinya. Berikut keunggulan dari produk kami yang membedakannya dengan ubi jalar goreng pada umumnya :
1.     Produk yang berkualitas tinggi
2.    Rasa yang bervariasi
3.    Harga yang terjangkau
4.    Bebas bahan-bahan kimia
5.    Mudah diperoleh
Tahap awal Rencana Bisnis ini yaitu melakukan penjualan di areal kampus,  Parang Tambung dan di area kos-kosan, tetapi target jangka panjang adalah dapat memasarkannya di Sulawesi Selatan .
II. BISNIS
a.    Konsep Bisnis
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa merupakan salah satu jenis jajanan gorengan yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa ini menggunakan bahan utama dari ubi jalar. Bahan utama poduk ini disuplai dari daerah-daerah di Indonesia kuhususnya di area Sulawesi Selatan. Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa tersedia dengan berbagai variasi rasa yang banyak diminati dikalangan masyarakat khususnya mahasiswa. Itu merupakan salah satu faktor jajanan ini di pasarkan di area kampus. Jajanan ini juga sejenis makanan berat dengan kandungan karbohidrat tinggi yang dikemas seperti makanan ringan. Harga jajanan ini perbungkusnya sangatlah terjangkau untuk berbagai kalangan.
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa di distribusi ke area kampus yakni di kampus UNM Parang Tambung. Setelah memasuki area kampus, produsen lalu menjajakan jajanan ini di beberapa fakultas yang ada di kampus. Selain itu, dijajakan ke kos-kosan. Untuk tahap selanjutnya dalam pendistribusiannya rencana akan di tempatkan di beberapa kios dan warung makan. Sementara itu, untuk pemasaran lebih lanjut akan dipasarkan di sekitar Sulawesi Selatan dengan cara membuka cabang di beberapa daerah.
Ada beberapa keunggulan yang menjadi daya tarik dari Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa yang menjadi daya tarik dalam menjajakannya yang membedakannya dengan ubi jalar goreng yang ada di Sulawesi Selatan :
·           Produk yang berkualitas tinggi
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa dibuat dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi yakni ubi jalar yang dipasok langsung dari pihak perkebunan di beberapa daerah di Sulawesi Selatan khususnya di Enrekang. Ubi jalar dikenal sebagai sejenis umbi-umbian yang memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, dan zat tepung yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain bahan bakunya yang bermutu, proses pembuatannya juga secara tradisional dan pengolahannya mengutamakan kebersihan. Pada proses penggorengan, minyak yang digunakan juga mempunyai kualitas yang baik sehingga mengefisiensikan waktu penggorengan, dan hasil yang diperoleh renyah, gurih, dan tahan lama.
·           Rasa yang bervariasi
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa terdiri dari 5 variasi rasa. Variasi rasa yang ditawarkan disesuaikan dengan selera konsumen sehingga banyak disukai oleh konsumen. Kelima variasi rasa tersebut adalah Pizza, Barbeque, keju, balado dan pedas manis. Adanya rasa yang beraneka ragam memberikan peluang bagi konsumen untuk memilih yang digemari dan ini juga mengatasi rasa bosan konsumen dengan rasa yang tidak bervaiasi.
·           Harga yang terjangkau
Harga dari produk ini sangatlah terjangkau untuk semua kalangan khususnya mahasiswa hingga anak-anak dan orang dewasa. Harga yang diberikan untuk setiap kemasannya yaitu Rp 1000,- untuk setiap jenis rasa.
·           Bebas dari bahan-bahan kimia
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa bebas dari bahan-bahan kimia misalnya pestisida, mulai dari bahan baku yang digunakan, hingga proses pengolahannya. Berikut taknik pengolahannya yaitu :
1)    Ubi jalar dikupas dan direndam pada air yang telah diberi garam dengan tujuan untuk menghilangkan getah ubi dan membuat ubi jalar tahan dalam penyimpanan untuk beberapa hari.
2)   Ubi jalar di buat dengan berbagai bentuk menggunakan parut ubi. Ubi diparut tebal dan diparut tipis seusuai permintaan konsumen.Dan didiamkan pada air yang diberi garam beberapa menit.
3)   Ubi lalu ditiriskan dan didiamkan beberapa menit untuk meningkatkan kerenyahan.
4)   Menggoreng ubi jalar tadi hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan yang menandakan ubi jalar telah matang.
5)   Ditiriskan, lalu diberi bumbu rasa sesuai dengan yang diinginkan.
6)   Kemudian melalui proses pengemasan sebagai berikut :
a. pemberian label produksi
b. melalui proses pengepakan
7)   Tidak menggunakan bahan pengawet.
8)   Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa siap dipasarkan.
·           Mudah diperoleh
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa mudah diperoleh karena dijajakan di area kampus Parang Tambung dan di kos-kosan. Jika ingin memesannya bisa menghubungi pihak produsen.
b.    Produk yang ditawarkan
1)     Ubi Jalar Goreng rasa Barbeque
2)    Ubi Jalar Goreng rasa Keju
3)    Ubi Jalar Goreng rasa Pizza
4)    Ubi Jalar Goreng rasa Pedas manis
5)    Ubi Jalar Goreng rasa Balado
c.    Harga
Harga dari produk ini untuk setiap variasi rasa sama yakni Rp 1000,-.
III.    PASAR
·         Pihak produsen mendistribusikan produknya diawali pada 2 lokasi yaitu di area kampus UNM Parang Tambung dan di kos-kosan.
·         Komentar dan Saran Konsumen terhadap Produk Pemasaran
a.    Menambah variasi rasa Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa agar konsumen tidak bosan.
b.    Kemasan lebih diperunik lagi sebagai salah satu daya tarik agar konsumen tertarik membeli produk ini.
c.    Pemasaran sebaiknya tidak hanya di area kampus dan kos-kosan saja tapi di sebar ke beberapa tempat agar lebih mudah diketahui oleh masyarakat luar.
d.    Meningkatkan kegiatan promosi terhadap produk Ubi Jalar Goreng  Aneka Rasa agar dapat memberikan kelarisan bagi produsen.
e.    Tekstur dari Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa agak keras dan ada juga yang lembek, sebaiknya tekturnya dibuat renyah.
·         Positioning
Agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya, Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa merancang beberapa strategi positioning yang atraktif. Beberapa statement positioning yang biasa digunakan, misalnya :
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa…….Ledakan Rasa Disetiap Gigitannya
IV. PELANGGAN
·         Sasaran utama dari pemasaran Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa yaitu mahasiswa UNM Parang Tambung dan anak-anak. Sehingga Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa dijajakan di kampus dan di kos-kosan.
·         Pihak produksi berharap frekuensi pembelian ulang konsumen meningkat. Selain itu diharapkan sekitar 50 % pesanan melalui tempat produksi.
V. PERSAINGAN
Usaha kami masuk ke dalam area persaingan ketika mulai didirikan hingga dijalankan. Adapun aspek-aspek yang sering bersaing selama menjalankan usaha ini adalah :
a. Kualitas Poduk
b. Pemasaran
c. Pelayanan
d. Pengenalan akan nama merek
e. Lokasi Produksi
·         Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa akan bersaing dengan jajanan-jajanan gorengan lain akan tetapi masih jarang yang menggunakan bahan baku ubi jalar untuk dijadikan seperti keripik dan rasa-rasa yang disedikan juga masih terbatas sehingga memberi peluang bagi usaha kami untuk memasuki area perdagangan khususnya Sulawesi Selatan.
VI. MANAJEMEN
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek sebagai berikut :
·         Profesionalisme.
·         Keahlian dalam masalah keuangan, dan manajemen.
·         Atribut-atribut pribadi seperti semangat, ambisi, daya inisiatif, dan kesabaran, inovatif, kreatif, fleksibel, percaya diri.
·         Berorientasi pada tugas dan hasil.
·         Pengambil resiko dan suka tantangan.
VII. PROYEKSI KEUANGAN
Modal
Ringkasan Modal sebagai berikut:
Nama Bahan
Harga
Satuan
Total
Ubi Jalar
Rp. 2.500,-
18 kg
Rp. 45.000,-
Bumbu :
Rasa Barbeque
Rasa Pizza
Rasa Pedas Manis
Rasa Keju
Rasa Balado

Rp. 3.300,-
Rp. 6.500,-
Rp. 5.900,-
Rp. 10.500,-
Rp. 7.700,-

1 bungkus
1 bungkus
1 bungkus
1 bungkus
1 bungkus

Rp. 3.300,-
Rp. 6.500,-
Rp. 5.900,-
Rp. 10.500,-
Rp. 7.700,-
Minyak Goreng
Rp. 11.350,-
4 liter
Rp. 45.400,-
Minyak Tanah
Rp. 10.000,-
2 liter
Rp.20.000,-
Plastik @400 lembar
Rp. 6.950,-
2 bungkus
Rp. 13.900,-
Label
Rp. 500,-
10 lembar
Rp. 2.000,-
Lilin
Rp. 1.000,-
2 batang
Rp. 2.000,-
Garam
Rp. 1.000,-
3 bungkus
Rp. 3.000,-
Masako
Rp. 500,-
2 bungkus
Rp. 1.000,-
Peniris
Rp. 8.100,-
1 buah
Rp. 8.100,-
transportasi
Rp. 10000
-
Rp. 10.000,-
Jumlah
Rp. 184.300,-

Ø  Penjualan
Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 50 produk yang terjual hanya dalam waktu 1 hari dan dilakukan selama 2 hari berturut-turut setiap minggu. Jadi dalam seminggu ditargetkan terjual 100 kemasan.
Ø  Laba
Dalam 1 kali produksi menghasilkan sekitar 50 kemasan Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa  dengan modal Rp. 184.300,-
Laba / keuntungan  : Pemasukan – Pengeluaran
                                       : Rp. 365.000,- - Rp. 184.300,-
                                       : Rp. 180.700,-
Dari perhitungan laba/keuntungan tersebut dapat diperoleh laba/keuntungan sebesar Rp. 180.700,-. Ini merupakan total laba yang usaha kami peroleh selama menjalankan usaha ini. Ini merupakan laba yang lumayan besar untuk interpreneur pemula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar