Senin, 04 Juni 2012

Business Plan : EXplo-Clothing


A.Deskripsi Usaha
1. Visi dan Misi
a.   Visi
Menjadi toko distro yang menyediakan berbagai macam desain sandang yang berkelas nasional dan internasional dengan haga yang terjangkau.
b.  Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut maka ditetapkan beberapa misi yang harus dilaksanakan, yaitu:
1)  Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen untuk memperoleh desain pakaian yang sesuai keinginan
2) Menyediakan berbagai produk desain pakaian yang menarik dan berkualitas
3) Menyediakan desain khusus apabila konsumen menginginkan desain khusus.

2. Analisis Situasi
Kata “Distro” diambil dari kata “Distribution Outlet” yang berarti toko yang menjual jenis pakaian yang berkualitas tinggi. Saat ini jenis pakaian distro banyak diminati oleh para remaja dan dewasa khususnya pada daerah perkotaan.
Kualitas pakaian terbagi atas dua tingkat, yaitu kualitas nasional yang diproduksi oleh konveksi lokal dan kualitas internasional yang merupakan pakaian impor. Pakaian distro diperoleh dari gudang pakaian distro di Bandung, Jawa Barat.
Dari segi harga, harga pakaian yang kami tawarkan relatif jauh lebih murah dibanding harga pada outlet distro pada umumnya. Hal ini dikarenakan pada outlet distro, barang yang didistribusikan dikenakan pajak serta pengaturan harga oleh sesama pemilik distro demi memperoleh keuntungan besar dan mengurangi persaingan tidak sehat.

Dari segi pemasanaran, outlet distro sudah banyak di kota besar seperti Makassar untuk itu kami mancoba melakukan inovasi pada teknik penjualan. Teknik penjualan yang dilakukan tidak hanya terbatas pada ruang dan waktu dimana pembeli harus datang ke toko untuk melihat desain yang diinginkan tapi juga dengan sistem online yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Pembeli hanya cukup melihat katalog yang disediakan dan apabila pembeli menemukan desain yang disukainya maka pembeli dapat melakukan pemesanan. Namun apabila ada pesanan khusus, maka pembeli dapat melakukan pemesanan dengan desain khusus yang diinginkannya.
3. Gambaran Produk
a.    Keunggulan Produk
Pakaian distro sudah dikenal masyarakat luas. Explo-Clothing menawarkan berbagai desain pakaian yang terupdate dengan kualitas tinggi serta harga yang ekonomis dibanding outlet distro umum lainnya.
b.    Keunikan Produk
Keunikan produk Explo-Clothing tawarkan adalah pembeli dapat melakukan pemesanan khusus apabila menginginkan desainnya sendiri. Selain itu teknik penjualan yang mengikuti perkembangan IT juga menjadi faktor unik yang menunjang proses penjualan.
4. Lingkungan Tempat Penjualan
Lokasi Toko Explo-Clothing berada di Jalan Daeng Tata Raya. Lokasi ini dekat dengan Jalan Raya sehingga mudah diakses dan banyak dilalui oleh pengguna jalan. Keberadaan lokasi penjualan tidak menimbulkan polusi, baik polusi udara, polusi suara, dan limbah.
5. Model Bisnis
Model bisnis yang dijalankan dengan model pembukaan outlet di Jalan Daeng Tata Raya serta promosi melalui jejaring sosial yang secara umum telah digunakan oleh masyarakat luas.



6. Risiko
Selain peluang usaha, adapula resiko yang mungkin terjadi di tengah perjalanan usaha dan perlu dipersiapkan strategi untuk menanggulanginya. Risiko tersebut antara lain :
a.    Persaingan
Di kota besar, outlet distro banyak ditemukan. Hal ini tentunya akan menumbuhkan persaingan antar sesama outlet. Namun hal tersebut dapat disiasati melalui promosi baik melalui pamflet maupun iklan di jejaring sosial. Selain itu, dengan menawarkan harga yang relatif lebih murah dibanding outlet lain maka pembeli akan lebih tertarik pada outlet Explo-Clothing.
b.    Keamanan
Gangguan keamanan sudah menjadi hal yang sering terjadi pada tiap outlet apapun. Gangguan keamanan yang dimaksud adalah kecurian. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut maka pada outlet Explo-Clothing dipasangkan set kamera CCTV sehingga aktivitas dalam outlet dapat diamati.
B. Pemasaran
1.   Sasaran Pemasaran
Konsumen sebagai pengguna produk yang menjadi target pemasaran adalah masyarakat luas pada umumnya dan remaja pada khususnya.  
2.  Strategi Pemasaran
a.   Produk
Produk EXplo-Clothing didesain sesuai dengan trend masa kini dan terdapat berbagai variasi produk seperti t-shirt, shirt, jaket, sweater, jeans, rim, topi, tas, sepatu, sandal. Produk EXplo-Clothing khususnya t- shirt dapat didesain sesuai dengan keinginan pembeli.


b.  Harga Jual
Harga jual produk ini disesuaikan dengan jenis produknya. Namun, harga yang ditawarkan lebih ekonomis dibandingkan dengan harga barang distro di pasaran.
c.   Promosi
Promosi produk EXplo-Clothing ini dilakukan dengan pembuatan katalog dan melalui jejaring sosial yang ada.
d.  Sistem Pemasaran dan Distribusi
Sistem Pemasaran produk Explo-Clothing ini dimulai dari outlet yang terletak di jl. Dg. Tata Raya dan juga melalui jejaring sosial seperti blog, facebook, twitter, serta pemasaran iklan di website lainnya.

C. Keuangan
1.   Biaya untuk memulai Bisnis
Modal usaha (bergulir) yang dikeluarkan adalah Rp.  39.270.000,00. Pihak Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memotong 10% dari total modal yang dibutuhkan, yakni sebesar Rp. 3.570.000,00 untuk honor konsultan selama satu tahun dan akan diberikan kepada konsultan setiap bulannya. Kebutuhan modal untuk memulai usaha adalah sebesar Rp. 35.700.000,00. Dana tersebut dialokasikan untuk kebutuhan pengeluaran awal memulai bisnis. Berikut ini adalah rincian kebutuhan awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha awal Explo-Clothing.


Kebutuhan Modal Awal pada Bulan Pertama
Usaha EXplo-Clothing
Investasi yang diperlukan Biaya Produk
INVESTASI AWAL
No
Nama Baran
Jumlah
Harga satuan (ribu)
Harga satuan (ribu)
1
Stand hanger
4 buah
Rp. 100.000
Rp. 400.000
2
Etalase
2 buah
Rp. 700.000
Rp. 1.400.000
3
Hanger
10 lusin
Rp. 50.000
Rp. 500.000
4
Rak sepatu
1 buah
Rp. 500.000
Rp. 500.000
5
Patung model
2 buah
Rp. 300.000
Rp. 600.000
6
Cermin fitting room
1 set
Rp. 150.000
Rp. 150.000
7
Cermin
2 buah
Rp. 100.000
Rp. 200.000
8
Rel gorden
1 buah
Rp. 50.000
Rp. 50.000
9
Kursi
2 buah
Rp. 500.000
Rp. 1.000.000
10
Mesin kasir
1 buah
Rp. 2.000.000
Rp. 2.000.000
11
Kipas angin
2 buah
Rp. 500.000
Rp. 1.000.000
12
Kamera CCTV
1 set
Rp. 2.000.000
Rp. 2.000.000
13
Speaker
1 buah
Rp. 300.000
Rp. 300.000
14
Laptop
1 set
Rp. 3.000.000
Rp. 3.000.000
15
Modem
1 buah
Rp. 300.000
Rp. 300.000
16
Sewa tempat
1 buah
Rp. 10.000.000
Rp. 10.000.000
17
Gaji karyawan
3 orang
Rp. 500.000
Rp. 1.500.000
18
T-shirt
2 lusin
Rp. 540.000
Rp. 1.080.000
19
Shirt
2 lusin
Rp. 900.000
Rp. 1.800.000
20
Jaket
1 lusin
Rp. 1.140.000
Rp. 1.140.000
21
Sweeter
1 lusin
Rp. 1.140.000
Rp. 1.140.000
22
Sepatu
2 lusin
Rp. 1.440.000
Rp. 2.880.000
23
Sandal
2 lusin
Rp. 240.000
Rp. 480.000
24
Tas
1 lusin
Rp. 1.800.000
Rp. 1.800.000
25
Rim
1 lusin
Rp. 480.000
Rp. 480.000

Total Modal Produksi yang dibutuhkan
Rp.  35.700.000
19
Honor Konsultan (10% dari total modal produksi)
Rp.    3.570.000
Total investasi awal yang dibutuhkan
Rp.  39.270.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar