Senin, 04 Juni 2012

Profil Wirausahawan : Suhardi dan Ismail


Dua alumni UNASMAN Sulawesi Barat, Suhardi (Fakultas Bahasa dan Sastra) dan Ismail (Fakultas Bahasa dan Sastra). Pasalnya, selama menekuni kuliah meski dengan jurusan bahasa malah keduanya jadi juragang kambing dengan omset puluhan juta
Sejak kuliah di UNASMAN mereka berdua sering berdiskusi. Focus diskusi mereka mengarah pada apa yang dilakukan setelah meraih D2. Dari pertemuan demi pertemuan itulah , akhirnya mereka menemukan jawaban bahawa mereka harus wujudkan dan nyatakan pengetakuan dikampus demi masa depan.
          Dengan modal awal yaitu Rp 25 juta yang didapat dari hasil patungan, dimana mereka berdua sudah memiliki kambing yang dipelihara sejak sebelum ia memulai perdagangan ini, namun pada awal usahanya mereka mengalami kendala masalah lokasi pemeliharaan, untungnya salah satu keluarga dari Ismail memiliki tanah yang kosong. Keluarga Ismail ingin meminjamkan tanah kosongnya untuk proses usaha tapi dengan syarat selama peminjaman harus ada pemasukan, namun mereka berani mengambil resiko untuk menyetujui persoalan itu karena mereka yakin kalau mereka akan berhasil dengan usahanya ini.

          Kini usahanya mulai berhasil dan tidaka lagi meminjam tanah kosong milik keluarga Ismail, mereka membeli tanah dari hasil penjualan kambing mereka. Tempat usaha mereka berada didesa Galung Lombok Kec. Tinambung Kab. Polowali Mandar Profensi Sulawesi Barat.
          Setiap idul adha mereka menjual kambing sebanyak 30 ekor yang kira-kira untungnya sebesar kurang lebih Rp 500.000 per ekor, namun pada bulan-bulan lain mereka mampu menjual kambing sebanyak 10 ekor. Mereka memperkerjakan teman kampungnya sebanyak 3 orang  untuk mengambil dan memelihara kambing yang mau dijual dan juga memanfaatkan masyarakat setempat yaitu dengan cara member kambing untuk dipelihara kemudian hasil jualannya dibagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar