Senin, 04 Juni 2012

Profil Wirausahawan : Aji Ridwan - Usaha Kelapa Sawit


Sosok wirausahawan berusia 42 tahun ini, akrab disapa aji ridwan. Nama lengkapnya H. Muhammad Ridwan, beralamat di lumpue pare-pare.
Dia mulai merintis bisnis sekitar tahun 1993 dengan mulai usahanya dengan bisnis telur dan beras, yang dikirim ke daerah mamuju utara namun hampir setahun usahanya kurang berkembang. Dan seorang pegawai perkebunan menyarankan dia untuk menyuplai alat alat perkebunan, saat itu wilayah mamuju mulai untuk pengembangan kelapa sawit. Dengan memanfaatkan peluang tersebut, dia mulai beralih usaha.
Melalui usaha tersebut, dia mulai berkembang sedikit demi sedikit. Dan mulai memiliki toko  alat perkebunan dan bahan bangunan. Seiring dengan berjalannya waktu, usahanya semakin maju. Dan mulai untuk memiliki kendaraan sendiri. Dengan memiliki kendaraan sendiri, peluang bisnis kembali dia temukan.  dia tidak hanya dapat menyuplai barangnya sendiri. Namun juga dapat melayani pelanggan lain. Dalam hal ini dia menambah jumlah kendaraannya. Dan hingga saat ini dia telah memiliki 3 buah truk yang melayani rute Makassar mamuju utara baik untuk barangnya sendiri maupun pesanan dari orang lain.

Selain dari bisnisnya diatas, dia juga mengembangkannya di bidang perkebunan kelapa sawit hingga kini dia telah memiliki lahan kelapa sawit sekitar 50 Hektar. Dengan penghasilan  sekitar 30 juta per bulan. Salah satu alasan mengapa dia mengembangkan ke perkebunan kelapa sawit, karena kelapa sawit dapat menghasilkan buah hingga umur 25 tahunan. Hal ini dapat menjadi investasi baginya dan keluarganya. Tanpa mengesampingkan bisnis sebelumnya. Dia tetap menjalaninya. Menurutnya apa yang dia capai sekarang juga berkat bisnis yang dia jalani diawal, meskipun hasil dari perkebunan kelapa sawit lebih besar.
Adapun beberapa kiat yang sempat di”sharing” antara lain tetap percaya pada allah, bahwa rejeki telah ditetapkan. Namun harus melalui proses untuk mendapatkannya. Sehingga berusahalah untuk menemukan jalan rezki tersebut. Untuk memulai suatu usaha selalulah yakin, optimis, dan  berfikiran sukses. Dengan begitu, anda dengan berani melakukannya, jangan ragu. Meskipun nanti hasilnya tidak sesuai harapan, minimal anda telah mencoba dan menemukan suatu pengalaman baru.
Tetap terbuka untuk menerima saran dari orang lain, dan pertimbangkan saran tersebut dengan cepat dan matang. Dan senantiasa mencari peluang bisnis lain. Jangan hanya terfokus pada satu usaha, dia  mencontohkan dirinya sendiri. Seandainya tuidak menerima saran, dia terus pada bisnis berasnya, mungkin tidak akan mencapai seperti pada saat ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar