Senin, 04 Juni 2012

Business Plan : Bacry Maenyoss


A. Judul Rencana Bisnis

          Pembuatan dan Pemasaran Bacry Maenyoss

B. Waktu dan Tempat Kegiatan

          Pelakasanaan kegiatan dibagi dalam dua tahap, yaitu; tahap produksi dan tahap pemasaran. Produksi akan dilakukan di jalan Dg. Tata BTN Hartaco, Makassar, dengan pertimbangan lokasi bahan baku yang dekat dengan lokasi produksi. Waktu persiapan tempat produksi diperkirakan satu minggu. Pemasaran dilakukan dengan mempersiapkan label, desain, dan pengemasan. Promosi dilakukan 2 minggu. Cita rasa produk disesuaikan dengan keinginan produsen dengan mempertimbangkan selera konsumen pada umumnya.. Pemasaran dilakukan dengan menggunakan jasa mobil sewa yang akan didistribusikan ke pedagang eceran yang berlokasi di sekitar kampus UNM Parang Tambung dan di sekitar jalan Dg.Tata 1 dan di lokasi yang dekat dengan sekolah baik itu SD, SMP, maupun SMA serta mendirikan kios sederhana di sekitar pantai Losari.  Persiapan diperkirakan memakan waktu selama 1 bulan

C. Pelaksana
Ketua           : Yassaroh                       (NIM: 091304159)
Anggota       : Endang Widoretno S      (NIM: 091304161)
Anggota       : Irmayanti                      (NIM: 091304154)

Pembagian tugas :
          Yassaroh bertugas sebagai koodinator penuh kedua tahap pada rencana bisnis ini. Sedangkan Endang Widoretno bertanggung jawab pada bagian pemasaran, dengan pertimbangan punya kendaraan dan mengetahui lebih banyak lokasi di Makassar. Dan terakhir Irmayanti bertanggung jawab pada bagian produksi dengan pertimbangan mampu berkreasi terhadap produk yang akan dihasilkan (kreatif)

D. Produk yang dihasilkan

          Produk yang dihasilkan adalah keripik dengan beragam rasa, yang diproduksi dari pisang . Pengemasan dengan desain khusus dan label yang menarik.

E. Keunggulan atau novelty

          Keunggulan produk ini adalah menggunakan bahan baku yang murah dan diproduksi dengan beragam cita rasa, dibandingkan dengan produk yang sudah ada.

F. Modal yang dibutuhkan

Modal untuk produksi :
Pembelian Bahan baku                Rp. 1.500.000
Pembelian Alat Penggorengan     Rp. 2.000.000
Pembelian mesin pemotong         Rp. 3.000.000
Sewa rumah                               Rp. 8.000.000
Modal untuk Pemasaran
Kios                                          Rp 5.000.000
Mobil (termasuk bensin)            Rp 10.000.000              
Total dana yang dibutuhkan        Rp. 29.500.000

G. Rencana pemasaran

Pemasaran akan dilakukan pada tempat yang telah dibuat di pantai losari, dan beberapa didistribusikan ke pedagang eceran dengan jasa mobil rental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar