Rabu, 27 Juni 2012

Business Plan : Cita Rasa Brownis Sehat (ICP 09)


Pendahuluan
Makanan pada dewasa ini telah mengalami berbagai revolusi mulai dari bahan-bahan , cara pembuatan , rasa , ketahanan, hingga harga. Namun pada dasarnya makanan dikelompokkan dalam dua kelompok besar yakni makanan tradisional dan modern. Makanan tradisional biasanya dipengaruhi oleh asal daerah makanan itu pertama kali dibuat sebut saja coto Makassar dari Makassar , gudeg dari jogja , mpek-mpek dari Palembang yang telah dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat pribumi dari dulu hingga sekarang  . sedangkan makanan modern lahir berkembang di hampir seluruh penjuru dunia misalnya mie dari china, sushi dari jepang, spaghetti dari italia , kebab dari turki. Sedangkan untuk makanan ringan (penganan) misalnya burger, cassava, coklat hingga brownies
Salah satu penganan yang banyak digemari oleh masyarakat adalah kue-kue yang menggunakan gula berkadar tinggi atau dengan coklat misalnya brownies. Brownies dibuat dari tepung brownies dengan berbagai rasa. Akan tetapi, kebanyakan brownies yang dipasarkan saat ini hanya memperhatikan tampilan fisik dan rasa dari brownies tersebut, sementara kandungan gizinya kurang diperhatikan. Sehingga meskipun brownies sangat diminati, masyarakat juga berpikir bahwa makanan yang mengandung kadar glukosa tinggi dapat berdampak negative bagi kesehatan tubuh seperti meningkatnya kadar glukosa dan berat badan.  Oleh karena itu, diperlukan penganan yang selain memenuhi kebutuhan konsumtif masyarakat saat ini , juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan dan rendah lemak dengan rasa yang bervariasi.
 Berdasarkan konsumtif masyarakat Indonesia yang menyenangi makanan berglukosa tinggi maka brownies rendah lemak dengan berbagai variasi rasa layak untuk dijadikan basis penjualan makanan ringan. Disamping itu pula proses pembuatannya yang relative cepat , murah, mudah, dan aman serta produk yang berpenampilan fisik menarik menjadi sokongan tersendiri dalam pengembangan kewirausahaan yang memproduksi makanan ini.

I.    Nama dan Slogan Usaha
Cita Rasa Brownis sehat
Slogan “ngemil sehat tanpa harus takut gemuk”
II.  Konsep Bisnis
A.            Keunikan Bisnis
1.   Brownis dengan berbagai rasa
2.  Brownis rendah lemak
B. Kekuatan bisnis
1.   Merupakan produk baru dan belum banyak beredar di pasaran
2.  Melimpahnya pasokan bahan baku
3.  Tidak membutuhkan keahlian khusus pada proses pembuatan produk
4.  Segmen pasar sangat luas yaitu mencakup semua konsumen dengan tingkatan umur yang bervariasi.
5.  Tersedianya layanan delivery
III.    Tujuan
1.   Memenuhi kebutuhan masyarakat akan penganan yang enak tanpa menggemukkan
2.  Memberdayakan manusia
IV.   Lokasi Bisnis
1.   Outline pada pusat perbelanjaan
2.  Outline di sekitar lokasi perkantoran
3.  Outline di sekitar lokasi sekolah-sekolah
V.  Pemasaran
A.            Target Pelanggan
1.   Konsumen individu atau rumah tangga
2.  Toko-toko
3.  Supermarket
4.  Tempat Gym
B. Strategi Pemasaran
1.   Melalui promosi di jejaring social
2.  Membuat brosur yang disebarkan pada target-target pelanggan
VI.   Partner Bisnis
1.   Perusahaan
2.  Investor
VII.   Permodalan dan Manajemen Keuangan
A.  Modal yang dibutuhkan
Rp.8.000.000,-
B.  Sumber Modal
1.     Investor
2.    Pinjaman bank
3.    Dana milik sendiri
VIII. Permodalan
Dana yang dikeluarkan dalam usaha ini per bulan yaitu:
1.     Bahan dalam pembuatan brownies        Rp.   3.500.000,-
2.    Alat dalam pembuatan brownies Rp.   .2.000.000,-
3.    Kemasan brownies                     Rp.     500.000,-
4.    Tempat berjualan                      Rp.   2.000.000,-
Jumlah                   Rp     8.000.000
IX.     Kesimpulan
Berdasarkan hasil perhitungan penjualan dan biaya yang dikeluarkan, usaha “Cita Rasa Brownies Sehat” layak untuk didirikan. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
1.     Perlunya penanganan biaya operasional sekecil mungkin, terutama yang berkaitan dengan biaya pembuatan brownies.
2.    Peninjauan lokasi yang sesuai target.
3.    Peningkatan kualitas produk yang dihasilkan.
4.    Peningkatan pelayanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar