Rabu, 27 Juni 2012

Profil Wirausahawan : Mas Sabar



Mas Sabar, Pengusaha Bakso Sabar Yang Sukses

Mas : “Sabar saja mbak !!  sabar .. sabar .. sabar ..”
Itulah kalimat pertama yang terucap dengan raut wajah dipaksa meyakinkan kepada saya ketika pertanyaan pertama saya lontarkan “siapa nama aslinya mas?”
Mas : “Gak ganggu kok mbak, sudah biasa kalo di wawancari mahasiswa, senang kalo bisa bantu mereka, nanti kalo gak diladeni kasian mbak nanti nilainya Erorr” jawaban beliau ketika saya menanyakan kesediaan untuk diwawancarai demi tugas di mata kuliah Kewirausahaan. Saya pun lebih bersemangat untuk menggali informasi tentang usaha beliau.
Mas Sabar, pengusaha bakso motor yang sudah 22 tahun melakoni bisnisnya ini diam-diam sudah memiliki 3 rumah makan, lokasinya berada di Gowa, Takalar dan terbaru ada di depan Kampus UNM Parangtambung. Sama seperti namanya, para pelanggan harus sabar menanti kedatangan beliau dikala perut lapar. Butuh waktu bermenit-menit untuk antri di datangi, wajar saja bakso dan pangsit produksinya tak kalah dengan bakso dan pangsit ternama yg ada di makassar. Harganya pun mahasiswa banget. Layaknya reservasi hotel, para pelanggan harus memesan terlebih dahulu via sms ataupun telepon selular barulah setelah konfirmasi kita bisa menanti kedatangannya.
Ada yang unik dari namanya, dan cara bicara beliau, sama-sama sabar.

Saya : “Mas orang jawa ya?”
Mas :“Bukan mbak, Cuma bapak saya yang jawa, saya kelahiran Takalar mbak
Saya : “Mas katanya sudah memiliki rumah makan 3 kok masih beroperasi pake motor?’’
Mas : “saya senang mbak, banyak yang sudah kenal saya, 1 hari saja saya gak dagang, Hp ributnya minta ampun terus sms di inbox full mbak, banyak yang nyari saya gara2 kelaparan “

Ketika pertanyaan kelima saya lontarkan kenapa banyak yang menyukai beliau, saya sangat menyukai expresi beliau :
Mas : “(sambil mengangkat kedua tangan) gak tahu mbak, alhamdulillah banyak yang suka cari saya, mungkin karena saya paling pertama jualan di daerah ini sejak 1993, dulu mbak harga permangkok Cuma Rp. 200,- saja”
Saya : “ Rp 200.- ?????? ckckckkckckc
Dari interview baru beberapa menit  saja saya bisa menyimpulkan bahwa selain kualitas bakso n pangsitnya yang baik, ternyata service dan kebersihan produknya sangat beliau perhatikan juga ramahnya itu loh.
Saya : “Mas, gak papa kalo saya tanya omsetnya ?”
Mas : “gak papa mbak, silakan. Kok mbaknya kaya takut sekali hehehe?
Saya jadi malu sendiri ..
Saya : “ jadi berapa mas?
Mas : “apanya mbak? Bakso ? Pangsit? Rp 5000,- mbak
Saya : “bukan massssssssssssss, tapi omsetnya !!!” (aduhh naluri penjual)
Mas : “hhohohohohohohoo sekarang atau dulu mbak?”
Saya : “ hehehe dua-duanya mas !!”
Mas : “ Kalo dulu mbak Rp 30.000,- perhari,”
Saya : “wah banyakmi itu mass ee !!! kalo sekarang ?????”
Mas : “ alhamdulillah Rp 700.000,-“
Saya : “perbulan mas???”
Mas : “bukan mbak,, perhari !!”
Saya pun tersedak saat bakso yg saya makan terasa kembali ke kerongkongan saking terkejutnya mendengar keuntungan beliau pehari.. jadi kalo perbulan Rp 700,000.- x 30 hari = Rp 21.000.000,00- subhanallah !!!!!!
Saya : “Mas, sudah !! ga usah jualan sajaa, duitnya dah banyak tuh ?’’
Mas : “Kan tadi sudah saya bilang mbak, kasian mbak-mbak n mas-mas yang lain kalo kelaparan nyari saya” jawabnya sambil  tersenyum.
Pertanyaan pun berkembang :
Saya ;   tabungannya dah bisa buat apa aja mas?”
Mas : “sudah punya rumah makan 3 mbak, anak-anak sy juga 3 masih sekolah kebutuhannya alhamdulillah tercukupi N sisanya buat tabungan hari tua mbak”.
Saat saya bersiap ke pertanyaan selanjutnya, tiba-tiba :
:Mas :  (nada Hp berdering) Halloo,, iya mbak !! tunggu saya masih di Pondok Bj, 5 menit lg saya kesana mbak”
Saya : “mass.. massss terakhir nihhh,,, pesan buat kami para mahasiswa yang mau bewirausaha apa mass???? Tanyaku terburu-buru
Mas : “Sabar mbak, ky nama saya hehhe” sambil memberi 1 tusuk bakso lg kemudian pergi ...
Saya : asikkkk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar