Selasa, 29 Mei 2012

Profil Wirausahawati : Ratna




          Pengusaha ini bernama Ratna. Wanita yang satu ini lahir di Pinrang pada tanggal 1 Juni 1980. Adapun usaha yang dirintisnya berupa toko meubel dan pusat fitness. Usahanya dimulai pada tahun 2003. beliau membuka Fitness Centre yang diberi nama Bugaria Fitness dengan modal awal sebesar seratus juta rupiah yang merupakan modal dari keluarganya yang berasal dari usaha pertanian di kampung mereka. Bugaria Fitness berlokasi di jalan raya Perintis Kemerdekaan km.13 no.17 tepatnya berada di depan pintu gerbang kawasan perumahan Bukit Katulistiwa.
          Setelah merintis usaha Fitness Centre selama 2 tahun, karena melihat peluang yang sangat besar akibat berjamurnya perumahan baru di kota Makassar serta berbagai industri meubel yang ada di sekitarnya tepatnya pada tahun 2005 beliau memberanikan diri untuk membuka toko meubel di depan pasar Daya baru Makassar yang diberi nama Toko Cahaya Perintis. Namun karena beliau kewalahan dalam mengawasi kedua tempat usaha tersebut maka pada tahun berikutnya beliau menggabungkan keduanya dengan memindahkan barang meubelnya di depan Bugaria fitness. Hal ini terus berlangsung hingga sekarang.
Kini kedua usahanya tersebut sudah berkembang meskipun pemasaran barang meubelnya masih di sekitar derah kota Makassar namun hal ini semakin ditunjang dengan adanya Bugaria Fitness dimana kebanyakan anggota Bugaria Fitness juga merupakan pembeli meubel di toko tersebut. Selain itu dalam menjalankan usaha Meubelnya, beliau juga membuka berbagai toko cabang di berbagai tempat yang dikelolah oleh keluarga beliau. Adapun kendala yang dihadapi ibu Ratna dalam menjalankan usaha meubelnya ini adalah pengiriman barang yang sering terlambat ke rumah pembeli. Hal ini tentu akan mengurangi kepercayaan “Trust” pembeli kepada usaha ibu Ratna. Namun semua itu dapat teratasi dengan bersikap tegas kepada pengirim barang dan mengontrol serta terjun langsung dalam mengawasi pengiriman barang jualannya.
          Selain Toko Cahaya Perintis, Fitness Centre milik ibu Ratna yang bernama Bugaria Fitness juga sangat berkembang. Bugaria Fitness dilengkapi dengan 2 ruangan fitness untuk wanita dan pria. Di mana di bagian kiri bangunan merupakan tempat fitness untuk wanita dan di bagian kanan untuk pria. Masing-masing ruangan dilengkapi dengan 1 kamar mandi dan tempat air minum serta peralatan fitness yang umum ditemui di tempat-tempat fitness manapun. Khusus untuk ruangan wanita dilengkapi dengan tempat mandi sauna dan dapur. Untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi anggota di tempat ini, ibu Ratna sebagai pengelola bekerja sama dengan 3 tenaga ahli sebagai instruktor dimana 2 instruktor wanita dan 1 instruktor pria yang siap melatih anggotanya untuk menjalani serangkaian kegiatan yang termasuk olahraga berat ini. Selain itu, khusus untuk anggota wanita diberi latihan aerobic atau senam irama setiap sore yang tentunya sangat diminati oleh kebanyakan wanita. Dan khusus untuk anggota pria, ibu Ratna telah bekerja sama dengan produsen susu ternama seperti L-men untuk mengirimkan anggotanya ke berbagai ajang seperti body contest, tanding panco, bintang L-men, dan binaraga. Dan sudah banyak anggotanya yang menjuarai berbagai ajang tersebut. Sekarang anggota yang terdaftar dalam Bugaria Fitness ini sekitar 100 orang yang berasal dari berbagai jenis profesi seperti dokter, mahasiswa, ibu rumah tangga, tentara, dan karyawan yang tentunya menyadari arti penting dari sebuah kesehatan.
          Keuntungan atau laba yang dapat dicapai oleh ibu ratna selama sebulan yaitu sekitar 25 juta rupiah. Hal ini dapat bertambah seiring bertambahnya anggota Bugaria Fitness yang terus-menerus mengalami peningkatan. Menurutnya, kedua usaha tersebut lumayan bagus dan sangat menjanjikan untuk masa depan tergantung bagaimana cara menjalankannya. Hal yang terpenting dari kesuksesan adalah kesabaran, kreativitas, doa, dan semangat.

2 komentar: