Kamis, 24 Mei 2012

Profil Wirausahawan : H. Baharuddin Sultan


Profil pengusaha sukses disini berasal dari H. Baharuddin Sultan kelahiran 16 Mei 1962. Bapak H. Baharuddin ini merintis usaha dalam bidang angkutan laut (perahu kapal), penjualan gas elpigi 3 kg, penjualan air gallon, pabrik kelapa serta warung yang menjual keperluan sehari-hari. Usaha ini bertempat di pulau Barrang Lompo, RT 005 RW 002, kecamatan Ujung Tanah, Makassar.


Ø Motivasi Bapak H. Baharuddin Sultan Dalam Mendirikan Usaha
Motivasi dari Bapak H. Baharuddin dalam mendirikan usaha ini adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga khususnya jika kita tinggal di daerah perkotaan, yang menuntut semuanya serba uang. Selain itu, biaya pendidikan bagi anak-anaknya juga semakin mahal karena biaya pendidikan di kota sangat mahal untuk ukuran sekolah-sekolah yang berkualitas.

Ø Modal Usaha
Awal mula melakukan usaha Bapak H. baharuddin pada tahun 1992 tidak memiliki modal sedikitpun, perahu kapal dan mesin yang awalnya digunakan merupakan pinjaman dari salah seorang teman, karna keinginan yang kuat maka Bapak H. baharuddin berniat membeli kapal dan mesin tersebut dari temannya dengan cara membayar perbulan/cicil, kapal dan mesinpun lunas sekitar 3 tahun kemudian, mulailah dari tahun 1995 Bapak H. baharuddin  memiliki kapal sendiri.
Saat usaha perkapalannya membaik Bapak H. baharuddin mengunakan keuntungannya untuk membangun sebuah rumah yang selanjutnya dijadikan sebagai tempat mengembangkan usahanya yang lain. Usaha yang pertama didirikan adalah warung yang menjual keperluan sehari-hari masyarakat sekitar, warung ini dikelola oleh istri beliau, Hj. Nurhana. Modal waktu itu sekitar Rp. 3.000.000. Selanjutnya dari keuntungan warung tersebut Bapak H. baharuddin kembali membeli mesin yang digunakan untuk memarut kelapa serta melakukan usaha penjualan air gallon dan penjualan gas elpiji 3 Kg.
               
Ø Alasan memilih
Adapun alasan Bapak H. baharuddin memilih usaha kapal ini adalah banyaknya orang-orang yang ada di pulau ingin ke kota  begitu pula sebaliknya yang memerlukan angkutan untuk melewati lautan. Alasan memilih usaha mendirikan warung  ialah warga sekitar yang memerlukan barang-barang keperluan  sehari-hari dan istri beliau yang dapat mengelola usaha tersebut. Begitu pula dengan usaha parut kelapa dan gallon dengan alasan penduduk yang memerlukan air bersih untuk dikonsumsi, serta gas elpiji 3 Kg dengan alasan pada saat ini pemakaian gas 3 kg semakin meningkat karena adanya program pemerintah untuk beralih dari minyak tanah ke gas elpigi yang didukung dengan bantuan kompor gas dan gas elpigi pada tahap awal.

Ø Hambatan-Hambatan dalam Melakukan Usaha
Kapal perahu  : resiko yang ditanggung pengusaha adalah tidak menentunya penumpang untuk tiap harinya yang dapat mengakibatkan kerugian bila penumpang hanya sedikit.
Gas elpiji       : banyaknya saingan karena rata-rata pedangang menjual eceran gas 3 kg. Sulit untuk mendapatkan gas elpigi yang betul-betul berkualitas dengan berat sesuai yang dicantumkan pada tabung gas.
Gallon            : banyaknya saingan

Ø Upaya-Upaya dalam Mengatasi Hambatan dalam Menjalankan Usaha
Kapal perahu          : menetapkan jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal sehingga penumpang yang ingin berangkat datang tepat waktu. 
Gas elpiji       : memberikan harga yang murah dan mengantarkan langsung ketempat konsumen. Untuk mendapat produk yang terbaik maka langsung membeli ke PERTAMINA.


Ø Inovasi yang dilakukan
Untuk saat ini Bapak H. Baharuddin Sultan tidak melakukan inovasi terhadap usaha yang dirintisnya. Usaha tersebut dijalankan apa adanya karena kesibukan dari beliau.

Ø Cara Pemasaran
Cara pemasaran beliau cukup memperkenalkan dengan teman dekat, keluarga, tetangga, serta kerabat lainnya.

Aset hingga saat ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar