Selasa, 29 Mei 2012

Business Plan : Cassava House Food


RUMAH MAKAN
Cassava House Food

A.   DESKRIPSI USAHA
Cassava House Food merupakan usaha rumah makanan yang menyajikan aneka makanan yang berbahan dasar singkong (Cassava) ala metropolitan  yang bernuansa tradisional setara restoran bintang lima dengan harga terjangkau. Usaha ini memanfaatkan singkong yang dipandang sebelah mata menjadi makanan olahan yang memiliki nilai jual dan gizi  yang tinggi dan diperhitungkan keberadaannya. Produk usaha ini menciptakan kreasi baru dari bahan singkong seperti mie goreng singkong, Cassava rice fried, bakso singkong, sop singkong, steak singkong, jus singkong, dan gorengan singkong berbagai rasa agar lebih menarik.
1.  Visi dan Misi
a.    Visi
1)  Memanfaatkan kelimpahan hasil pertanian singkong
2) Meningkatkan kualitas saji singkong menjadi makanan metropolitan yang bernuansa tradisional

b.    Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan misi-misi yang harus dilaksanakan, yaitu:
1)  Memproduksi makanan olahan singkong
2) Memperkenalkan produk singkong dengan berbagai variasi sajian kepada konsumen yaitu mempromosikan keunggulan produk dan bahan baku asli.
3) Meningkatkan kualitas produk singkong dari bahan yang digunakan, rasa, kebersihan produk dan nilai kandungan gizi yang terkandung.


2.  Analisis Situasi
Singkong (Manihot utillisima) merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak terdapat di Indonesia dan tanaman ini mudah untuk dibudidayakan hampir diseluruh daerah di Indonesia. Singkong juga kaya akan karbohidrat dan mudah diolah menjadi produk makanan.
Cassava House Food merupakan usaha rumah makanan yang menyajikan aneka makanan yang berbahan dasar singkong (Cassava) ala metropolitan yang bernuansa tradisional . Usaha ini memanfaatkan singkong yang dipandang sebelah mata menjadi makanan olahan yang memiliki nilai jual dan gizi  yang tinggi dan diperhitungkan keberadaannya
Bahan dasar makanan yang terdapat di Cassava House Food adalah singkong yang menggunakan bahan baku asli. Bahan baku produk makanan di Cassava House Food diperoleh  langsung dari kebun pribadi yang dimiliki salah satu anggota kelompok yang terletak di sekitar Daya, Makassar.
Dari segi pemasaran sudah ada banyak produk singkong yang dijual di pasar maupun toko-toko makanan berupa keripik dan gorengan singkong, namun untuk makanan yang disajikan di Cassava House Food seperti mie goreng singkong, Cassava rice fried, bakso singkong, sop singkong, steak singkong, jus singkong, dan gorengan singkong berbagai rasa jarang di temukan di daerah selain pulau Jawa. Untuk itu kami mencoba membuat rumah makan Cassava House Food yang menyajikan makanan berbahan dasar singkong yang lebih menarik dan memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan restoran bintang lima dengan harga yang terjangkau.. Selain itu dengan terbukannya rumah makan ini akan membuka peluang bisnis atau usaha sampingan mahasiswa UNM di sela-sela kesibukan kuliah untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dan menambah penghasilan mahasiswa.

3.  Gambaran Produk
a.    Keunikan Produk
1)      Keunikan dari rumah makan Cassava House Food yang kami tawarkan adalah semua makanan yang disajikan bahan dasar singkong.
2)     Singkong yang menjadi bahan dasar makanan pada rumah makan Cassava House Food mudah didapatkan di banyak tempat tanpa memperhatikan musim tanam sehingga kelanjutan rumah makan Cassava House Food dapat dipertahankan.
3)     Makanan yang disajikan di Cassava House Food sangatlah unik dan menarik bahkan jarang ditemukan
4)     Cassava House Food bernuansa tradisional Sulawesi Selatan ala metropolitan setara dengan restoran bintang lima dengan harga terjangkau.
b.    Novelty (Inovasi / Keunggulan Produk)
Produk singkong sudah dikenal masyarakat luas, namun makanan yang disajikan di Cassava House Food belum familiar di lidah masyarakat Sul-Sel, dan karena keunikan itulah, inovasi makanan tersebut sangatlah ditunggu-tunggu dan tentu saja akan menjadi incaran para pecinta kuliner.
4.  Lingkungan Tempat Produksi
Tempat produksi Cassava House Food terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan (depan Kampus STIMIK Dipanegara), Makassar. Lokasi ini dekat dengan jalan raya sehingga mudah untuk diakses dengan kendaraan umum.

5.  Model Bisnis
Model bisnis yang dijalankan adalah berbentuk rumah makan tradisional

6.  Risiko
Selain memiliki peluang usaha kami juga memiliki resiko yang harus dihadapi dan dicari solusinya. Beberapa resiko yang mungkin akan kami hadapi diantaranya adalah:

a.    Persaingan
Sekarang ini banyak makanan yang diproduksi dari singkong dan beranekaragam serta rasa, usaha yang kami lakukan ini untuk menarik minat konsumen dengan melakukan promosi produk secara berkesinambungan serta membuat produk dengan tampilan menarik dengan berbagai rasa sesuai dengan selera konsumen yang diminati pada saat ini. Membagikan tester dengan selebaran yang menjelaskan tentang keunggulan produk serta manfaatnya bagi kesehatan.
b.    Daya tahan produk
Produk olahan singkong bersifat kurang tahan lama, namun karena makanan yang disajikan langsung dikonsumsi oleh konsumen sehingga daya tahan produk kurang kami perhatikan.

B.   PRODUKSI
1.  Bahan dan Alat Produksi
Usaha Cassava House Food, makanannya membutuhkan bahan baku berupa singkong. Bahan baku tersebut tersedia cukup melimpah dan mudah untuk didapatkan. Bahan pendukung antara lain air, kelapa muda, gula jawa, garam, daun pandan, gula pasir, dan berbagai  jenis buah dan sebagainya. Peralatan yang digunakan antara lain kompor, panci, pisau, talenan, baskom, loyang, plastik pembungkus, kertas minyak, kertas warna, wajan, dan parutan. Usaha Cassava House Food  juga membutuhkan biaya tempat produksi.

Tabel. Peralatan dan bahan baku
INVESTASI AWAL
No.
Nama Barang
Jumlah Barang
(a)
Harga Satuan
(b)
Harga Total (a x b)
1.
Tempat (ruko) (6 x 15 meter)
1 buah
Rp 10.000.000
Rp 10.000.000
2.
Perlengkapan properti (meja lesehan, ornamen tradisional)
10 buah
Rp. 1.000.000
Rp. 10.000.000
3.
Kompor gas
3 buah
Rp. 300.000
Rp. 900.000
4.
Piring besar
5 lusin
Rp. 150.000
Rp. 750.000
5.
Piring kecil
3 lusin
Rp. 50.000
Rp. 150.000
6.
Mangkok
3 lusin
Rp. 100.000
Rp. 300.000
7.
Gelas
5 lusin
Rp. 50.000
Rp. 250.000
8.
Sendok+ garpu + sumpit
@5 lusin
Rp. 50.000
Rp. 750.000
9.
Peralatan masak (pisau, wajan, panci,dll)
3 set
Rp. 1.000.000
Rp. 3.000.000
10.
Bahan-bahan


Rp. 15.000.000
Total investasi awal yang dibutuhkan
Rp. 41.100.000

2.  Proses Produksi
Salah satu menu andalan dalam  Cassava House Food   adalah cassava rice fried dan jus singkong. Proses pembuatannya adalah sebagai berikut :
a.    Cassava rice fried
1)  Singkong dikupas dan dicuci sampai bersih.
2) Singkong diparut kemudian dijemus sampai kering.
3) Bumbu-bumbu (bawang putih, bawang merah, garam, kemiri, lada, cabe) dihaluskan dan ditumis sampai harum di wajan.
4) Singkong yang sudah kering dimasukkan ke dalam wajan tersebut dan diaduk hingga rata lalu ditambahkan saus tiram.
5) Setelah semua bumbu merata, angkat dan sajikan.
6) Taburi dengan potongan ayam goreng yang telah disuir lalu taburi bawang goreng.
7) Lalu sajikan dengan telur dadar, timun, dan kerupuk.
a.    Jus singkong
1)  Singkong dikupas dan dicuci sampai bersih lalu direbus hingga matang (tidak terlalu lembek).
2) Rebusan singkong potong dadu.
3) Siapkan singkong yang telah dipotong dalam gelas kemudian masukkan serutan kelapa muda lalu potongan singkong lagi kemudian tambahkan buah lengkeng. Setelah itu disiram dengan air kelapa muda dan air gula jawa. Lalu taburi dengan kacang goreng dan serutan es, serta perasan air lemon.
3.  Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi yang direncanakan adalah sebanyak 20 porsi untuk tiap jenis makanan setiap harinya.

C. PEMASARAN
1.  Sasaran Pemasaran
Konsumen dari rumah makan Cassava House Food adalah seluruh lapisan masyarakat indonesia pada umumnya dan makassar pada khususnya.

2.  Strategi Pemasaran
a.    Produk
Makanan yang disajikan di rumah makan Cassava House Food adalah hasil olahan singkong seperti mie goreng singkong, Cassava rice fried, bakso singkong, sop singkong, steak singkong, jus singkong, dan gorengan singkong berbagai rasa, makanan yang disajikan sangatlah unik dan menarik sehingga tentu saja menarik minat masyarakat untuk mencicipi rasa unik makanan di rumah makan Cassava House Food.
b.    Harga Jual
Harga jual makanan di rumah makan Cassava House Food cukup terjangkau dan disesuaikan dengan harga pasar yaitu ber kisar Rp 5.000- Rp 15.000. dengan tampilan ala metropolitan dengan suasana tradisional, tentu saja akan menarik minat konsumen.
c.    Promosi
Promosi rumah makan Cassava House Food dilakukan dengan menggunakan media cetak dan elektronik (radio) sehingga diharapkan media massa tersebut dapat menjadi partner promise usaha kami dalam mendatangkan konsumen.

D.   KEUANGAN
1.  Biaya untuk memulai Bisnis
Modal usaha (bergulir) yang dikeluarkan adalah Rp. 26.400.000,00. Pihak Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memotong 10% dari total modal yang dibutuhkan, yakni sebesar Rp. 2.400.000,00 untuk honor konsultan selama satu tahun dan akan diberikan kepada konsultan setiap bulannya. Kebutuhan modal untuk memulai usaha adalah sebesar Rp. 24.000.000,00. Dana tersebut dialokasikan untuk kebutuhan pengeluaran awal produksi. Berikut ini adalah rincian kebutuhan awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha pada awal produksi Tela Brand.

Kebutuhan Modal Awal pada Bulan Pertama
Usaha Get_go Cassava
a. Investasi yang diperlukan Biaya Produk
INVESTASI AWAL
No
Nama Barang
Jumlah
Harga satuan (ribu)
Harga satuan (ribu)
1
Kompor
1 buah
Rp.  5.000,00
Rp. 5.000,00
2
Panci Kukus
1 buah
Rp.  3.000,00
Rp. 3.000,00
3
Stainless Steel Knife
1 buah
Rp.  2.000,00
Rp. 2.000,00
4
Parutan
1 buah
Rp.  2.000,00
Rp. 2.000,00
5
Wajan
1 buah
Rp.  1.000,00
Rp. 1.000,00
6
Alat Penggorengan
1 set
Rp.  2.000,00
Rp. 2.000,00
7
Bahan-bahan


Rp. 9.000.00

Total Modal Produksi yang dibutuhkan
Rp.  24.000,00
8
Honor Konsultan (10% dari total modal produksi)
Rp.    2.400,00
Total investasi awal yang dibutuhkan
Rp.  26.400,00


     2. Proyeksi rugi/laba
Proyeksi rugi/laba dalam satu kali produksi usaha
Pendapatan
Total
1
Total Penjualan
Rp.  25.000,00

Total Pendapatan
Rp.  25.000,00
Biaya Produksi
Total
1
Biaya Variabel (Variable Cost)
Rp.  10.500,00

Biaya Bahan Baku dan Bahan Pendukung
Rp.  10.500,00
2
Biaya Tetap (Fixed Cost)
Rp.    5.000,00

Biaya Transportasi
Rp.    5.000,00

Biaya Listrik
Rp.    5.000,00

Total Biaya Tetap
Rp.    5.000,00

Total Biaya Produksi
Rp.    5.500,00
Laba
Rp.  36.500,00



 3. Proyeksi Break Even Point (BEP)
Uraian
Total
PENJUALAN
1
130 bungkus
Rp.  65.000,00

Total Penjualan
Rp.  65.000,00
BIAYA VARIABEL
1
Biaya Bahan Baku dan Bahan Pendukung
Rp.  30.500,00

Total Biaya Variabel
Rp.  30.500,00
BIAYA TETAP
1
Biaya Transportasi
Rp.  10.000,00

Biaya Listrik
Rp.    5.000,00

Total Biaya Tetap
Rp.  15.000,00
BEP = FC/1 – (VC/Pendapatan)
Rp.  28.259,00

4. Proyeksi Profit/Benefit of Coast Ratio (BC RATIO)
Penjualan
Total
1
Pendapatan Penjualan
Rp.  65.000,00

Total Pendapatan
Rp.  65.000,00
Biaya Produksi
Total
1
Biaya Variabel


Biaya Bahan Baku dan Bahan Pendukung
Rp.  30.500,00

Total Biaya Variabel
Rp.  30.500,00
2
Biaya Tetap


Biaya Transportasi
Rp.  10.000,00

Biaya Listrik
Rp.    5.000,00

Total Biaya Tetap
Rp.  15.000,00

Total Biaya Produksi
Rp.  45.500,00
B/C RATIO = Pendapatan Penjualan/Biaya Produksi
Rp. 1,428
Usaha Tela Brand layak dijalankan karena B/C RATIO >1, yaitu 1,428.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar