Rabu, 23 Mei 2012

Profil Wirausahawan : Agus Mahmun


Disamping ini foto dari salah satu pengusaha yang sukses menggeluti usahanya. Beliau adalah Bapak Agus Mahmun. beliau berasal dari Jawa Tengah, lahir di Demak, 07 Agustus 1973. Bapak Agus Mahmun memiliki seorang istri bernama Ibu Masbahah dan enam orang anak. Dia dan sekeluarga tinggal di Jl. Mallengkeri Raya. Bapak Agus adalah salah seorang interpreneur yang menghidupi keluarganya dengan membuka usaha Meubel Jepara.
            Nama Usaha dari bapak Agus Mahmun yang akrab disapa pak Agus ini adalah PUTRA JEPARA. Usahanya kini berpusat di jalan Mallengkeri Raya No 1. Dari informasi beliau dan istrinya, awalnya beliau memulai usaha ini di Cendrawasih, Tanjung Bira kemudian pindah ke Jalan Mallengkeri Raya No 1 dan menetap sampai sekarang. Usaha ini awalnya hanyalah usaha kecil-kecilan yang dimulai sejak Tahun 2000.
Pak Agus memulai usahanya secara mandiri bersam dengan istrinya, artinya beliau yang membuka usaha, bekerja sendiri dalam usahanya, dan memasarkan sendiri hasil produksinya. Namun, berkat keuletan, kesabaran, dan optimisme yang dimiliki bapak, hingga akhirnya usahanya berkembang pesat seperti sekarang. Sekarang ini, pak Agus sudah mempekerjakan 15 orang karyawannya yang diberi kepercayaan untuk ikut dalam mengembangkan usaha bapak ini.Modal awal pak Agus memulai usahanya hanyalah bermodalkan Rp 1.000.000,-. Nilai ini sangat sedikit bagi seorang pengusaha meubel, tapi bagi pak Agus memulai step by step untuk menjadi seorang interpreneur sejati.
Dari usaha PUTRA JEPARA ini, berbagai macam meubel-meubel jepara yang ditawarkan kepada konsumen. Mulai dari kursi-kursi jepara, lemari jepara, meja jepara, lampu jepara, dan lain-lain dengan berbagai motif ukiran jepara yang unik dan artistik serta memiliki nilai estetika cukup tinggi. Dalam proses produksinya, pak agus menggunakan bahan baku dari kayu jati yang dipesan langsung dari Jawa. Tentunya pak Agus memperhatikan kualitas dari bahan baku yang digunakan. Proses produksinya yakni pak Agus mendatangkan bahan baku dari Jawa kemudian bahan baku tersebut (kayu jati) diolah sesuai dengan pesanan kemudian melalui proses pengukiran dengan berbagai motif dimana kekhasan dari meubel pak Agus ini adalah dari ukirannya yang dikenal dengan ukiran jepara. Setelah itu, melalui lagi proses dico. Kata Pak Agus, sekarang sebagian barang-barangnya sudah ada yang didatangkan dari jawa telah diukir jepara oleh tangan para ahli-ahli pengukir jepara dan dibawa ke Makassar tinggal melalui proses dico lalu dipasarkan. Adapun proses pendistribusian barang-barang hasil poroduksinya yakni Pak Agus mendistribusikannya di daerah makassar, Bulukumba, dan Bantaeng. Omset yang didapatkan pak Agus hingga saat ini minimal Rp 20.000.000,- per bulan. Pendapatan ini sangat menggiurkan. Dengan omset sebesar itu jika dikali 12 bulan, hasil yang diperoleh sangatlah besar. Ini merupakan jenis usaha yang menjanjikan.
Selama menjalankan Usahanya, Pak Agus terkadang mendapatkan berbagai kendala/hambatan. Contohnya saja, dari modal. Pak Agus biasa bermasalah dalam modal. Terkadang dalam menjalankan usahanya, dibutuhkan modal yang lebih banyak lagi, tapi pak Agus bisa mengatasi kendala tersebut. kemudian dari bahan baku, biasanya bahan baku sulit didatangkan akibat dari faktor cuaca yang tidak mendukung. Kemudian terkadang dalam pemasarannya, adakalanya pasaran sepi pembeli sehingga pak Agus biasa susah memasarkan barangnya. Dari hambatan-hambatan tersebut, pak Agus dengan kreatifitasnya berusaha untuk mengatasi hambatan tersebut. beliau juga sangat memperhatikan selera konsumen sehingga usaha bisa berkembang pesat seperti sekarang ini. Dari hasil usahanya selama ini, pak Agus bisa menghidupi istri dan enam orang anaknya bahkan menyekolahkannya.
Inilah deskripsi singkat seorang interpreneur yang memulai usahanya dengan modal sedikit dan sukses dengan penghasilan luar biasa. Untuk menjadi seorang interpreneur haruslah percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko dan suka tantangan, leadership, keorisinilan, berorientasi ke masa depan. 3 hal yang diperlukan dalam berwirausaha yaitu 3M ( Motivasi, Mindset, dan Make it ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar