Rabu, 23 Mei 2012

Profil Wirausahawan : Atina

nama pengusaha       : atina
nama usaha               : 41 b shop
jenis usaha              : penjualan sepatu, sandal dan tas
alamat                         : dg. tata raya no 41 b
     Atina (44) adalah seorang entrepreneur woman yang telah merasakan jatuh bangun dari usaha yang di tekuninya. Sebelumnya Atina sempat menjual sepatu, sandal dan kaos kaki dibeberapa pasar di Makassar, namun banyak kendala karena harus pulang pergi dari pasar kerumahnya sehingga butuh biaya transportasi dan beberapa kerugian yang dideritanya.
Selain itu, sebagai ibu rumah tangga Atina juga harus mengurus anak-anaknya, ini  membuatnya harus pulang pergi dari rumah ke tempat usahanya. Umur yang bertambah tua tidak akan memungkinkan Atina untuk terus melakukan perjalanan itu setiap harinya. Kenangan terpahit dari usahanya adalah saat lapaknya harus menjadi abu saat terjadi kebakaran. Saat itu Atina benar-benar memulai dari nol.
             Di sisa-sisa harapan dan modal yang tertinggal, di tahun 2006 Atina kembali meramu usahanya tapi tidak lagi di pasar namun di rumahnya sendiri. Ini dari pertimbangan bahwa lokasi yang dekat dengan kampus dengan prospek pembeli adalah mahasiswa yang membeludak serta untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi sebelumnya. Saat itu Atina hanya membeli beberapa pasang sepatu dan sandal saja kemudian memajangnya di ruang depan rumahnya. Awalnya ini hanya ajang coba-coba dan terasa berat karena pembeli yang sangat minim, namun lama kelamaan usahnya mendapat respon yang menggembirakan dari para pembeli. Kurang dari satu tahun sejak mulai menjual di rumah Atina memberanikan diri untuk mengambil pinjaman untuk mengembangkan usahanya. Untuk meningkatkan minat beli pelanggan beliau memperluas ruang penjualan, menambah koleksi sepatu dan sandal serta menambah aksesoris penjualan seperti tas dan kaos kaki. Koleksi barang yang dimiliki Atina saat ini tidak hanya untuk remaja saja namun koleksi aksesoris anak-anak hingga dewasa juga tersedia dan itu semua dari merek terkenal.
            Kendala yang dialami Atina selama menggerakkan 41 B Shop selama ini sangatlah banyak, utamanya dari segi modal karena beliau memulai dari modal seadanya. Kendala lainya adalah pemilihan barang berkualitas karena banyak barang tiruan dengan merek sama dan model yang serupa namun kualitas tak setara. Ini tentang reputasi shop yang menjanjikan barang berkualitas, membuat beliau harus berhati-hati dalam memilih relasi distribusi. Kendala berikutnya yang pernah beliau alami adalah teknik pemajangan, dengan ruang yang sempit beliau harus memajangkan aksesoris yang begitu banyak secara anggun.
               Saat ini Atina hanya perlu duduk di ruangan ber-AC menunggu uang memenuhi money pocket-nya, tanpa harus pulang pergi dari rumah ke tempat kerja setiap hari, tanpa harus memikirkan angsuran pinjaman, tanpa harus mendengarkan suara bising dan tentunya tanpa harus memanggil-manggil pelanggan. Omset yang beliau peroleh saat ini bisa mencapai belasan juta rupiah (perkiraan narasumber karena narasumber tidak bersedia menyebutnya secara rinci). Dalam wawancara Atina berbagi ilmu dan prinsip penjualannya. Beliau berkata “jika anda hidup dari berdagang maka pahami barang dagangan anda maka dagangan anda akan memberikan kehidupan”. Berdagang menurut beliau tidak hanya hanya transaksi tawar-menawar, serah terima uang-barang namun merupakan perhitungan yang harus dipahami dengan kejujuran dan ketelitian dengan segala perhitungan resiko yang tak terduga.(written by Khakul Akbar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar