Rabu, 23 Mei 2012

Profil Wirausahawan : Hardianto, S.Pd.


Nama            : Hardianto S.Pd.
Alamat   : Sumarorong, Kabupaten Mamasa.
Jenis Usaha           : Penyedia Jasa.
HASIL WAWANCARA
       Pengusaha yang saya wawancarai adalah saudara Hardianto S.Pd. Alumni UNM jurusan pendidikan teknik elektro. Usaha yang ditekuni adalah penyedia jasa. Di sini saudara Hardianto membeli barang pesanan pelanggan dengan uang pribadi kemudian pelanggan akan membayar cicilan setiap bulannya kepada Hardianto. Jenis barang usaha antara lain laptop, Hp, TV, motor, dll.
Cara yang dilakukan untuk mengembangkan usahanya yakni mencari pelanggan di berbagai daerah seperti di makasaar, toraja, polewali, palopo dan daerah-daerah lainya. Awal mula ditekuninya usaha ini adalah pusing mencari pekerjaan setelah menyelesaikan studi di UNM, Akhirnya muncul ide untuk menjadi penyedia jasa. Walaupun di awal perjalanan usaha ini sedikit meragukan, namun karena niat dan tekat yang kuat dan pantang menyerah, usaha ini akhirnya dijalanknnya. Hardianto hanya bekerja sendiri atau tanpa karyawan dalam menjalankannya. Usaha ini sudah ditekuninya selama empat tahun, dengan modal awal sebesar Rp.20..000.000,-
yang dipinjam dari kerabatnya. Namun karena modal ini belum cukup sehingga mencari tambahan modal dari kerabatnya yang lain sebesar Rp.30.000.000,-. Keuntungan yang diperoleh untuk satu barang seperti laptop yakni Rp.100.000,- /bulan sehingga jika cicilan berlangsung selama satu tahun maka keuntungan untuk satu buah laptop yakni Rp.1.200.000,-.. Begitupun dengan barang-barang lainnya.
Hingga saat ini keuntungan yang diperoleh untuk semua penjualan barang yakni sekitar Rp.15.000.000/bulan. Sistem penjualan yang dilakukan yaitu melalui telepon dan pembayaran pun dilakukan melalui transfer lewat bank. Jika pelanggan berada di daerah lain seperti Mamuju maka barang akan dikirim melalui mobil.
Dalam perjalanan usahanya, terkadang mendapat hambatan seperti susah mencari barang pesanan pelangganya apalagi ketika barang tersebut sudah sangat dibutuhkan. Cara yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu membaca media massa seperti koran untuk medapatkan informasi tentang penjualan barang dan mencari informasi di luar daerah. Hambatan lain dalam usahanya yakni kadang dalam satu bulan pesanan hanya sedikit sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan usahanya. Untuk mengatasi hambatan tersebut maka pungusaha terus mencari pelanggan-pelanggan yang baru dengan bantuan dari keluarga, sahabat dan juga pelangganya. Selain itu juga biasanya ada pelanggan yang terlambat membayar cicilan barangnya. Hal ini membuat saudara Hardianto kewalahan dalam melakukan perhitungan dana, sehingga akhirnya dia membuat aturan pembayaran denda kepada pelanggan ketika masa pembayaran lewat.
Di akhir wawancara saya, saudara Hardianto menitipkan pesan yaitu untuk mencapai kesuksasan maka yang harus kita lakukan adalah berdoa dan bekerja (ora et labora).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar