I. RINGKASAN
EKSEKUTIF
Keberadaan
ubi jalar yang sangat banyak di daerah-daerah sekitar wilayah Indonesia
khususnya pada daerah pegunungan sangatlah banyak. Banyak masyarakat yang lebih
menyukai menanam tanaman ini karena dapat memberikan hasil yang banyak tiap
produksinya. Hal ini berkaitan dengan sangat mudahnya tanaman ini ditanam dan
menghasilkan produk yang sangat melimpah tiap kali proses pemanenan. Dari hasil
perkebunan tersebut, kebanyakan di jual untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari
dan hanya sebagian kecil masyarakat yang mengolahnya dan kemudian menjualnya
dalam bentuk bahan olahan. Banyaknya hasil pertanian ini tidak seimbang dengan
kebutuhan konsumen. Sehingga, hasil pertanian terkadang terbuang percuma.
Olahan ubi jalar masih sebatas, olahan yang tradisional, dan
di gunakan untuk pemenuhan kebutuhan sendiri. Salah satu olahan yang dapat
meninggkatkan nilai tambah dan nilai jualnya yaitu gorengan ubi jalar, produk ini masih sangat potensial untuk
di kembangkan, mengingat besarnya peluang pasar yang dapat dituju dan munculnya
keanekaragamaan gorengan ubi jalar maupun gorengan pada jajanan di
pasaran. Hal ini membuka
peluang yang lebih luas bagi pengembangan usaha insustri pengolahan ubi
jalar goreng di Indonesia.
Bertolak dari hal inilah kami berinisiatif
membuat sebuah usaha dagang dengan menggunakan ubi goreng sebagai bahan bakunya. Usaha ini kami beri nama “Ubi
Jalar Goreng Aneka Rasa”. Ubi
jalar goreng ini berbeda dari ubi
jalar goreng yang dijual pada
umumnya. Ubi jalar goreng ini
menawarkan rasa yang bervariasi mulai dari rasa barbeque, keju, pizza,balado, dan pedas manis.
“Ubi
Jalar Goreng Aneka Rasa” memiliki beberapa keunggulan yang menjadi daya tarik
konsumen mengkonsumsinya. Berikut keunggulan dari produk kami yang
membedakannya dengan ubi jalar goreng pada umumnya :
1.
Produk yang
berkualitas tinggi
2.
Rasa yang bervariasi
3.
Harga yang
terjangkau
4.
Bebas
bahan-bahan kimia
5.
Mudah
diperoleh
Tahap awal Rencana
Bisnis ini yaitu melakukan penjualan di areal kampus, Parang Tambung
dan di area kos-kosan, tetapi
target jangka panjang adalah dapat memasarkannya di Sulawesi Selatan .
II. BISNIS
a.
Konsep
Bisnis
Ubi Jalar
Goreng Aneka Rasa merupakan salah satu jenis jajanan gorengan yang dibuat
dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa
ini menggunakan bahan utama dari ubi jalar. Bahan utama poduk ini disuplai dari
daerah-daerah di Indonesia kuhususnya di area Sulawesi Selatan. Ubi Jalar
Goreng Aneka Rasa tersedia dengan berbagai variasi rasa yang banyak diminati
dikalangan masyarakat khususnya mahasiswa. Itu merupakan salah satu faktor
jajanan ini di pasarkan di area kampus. Jajanan ini juga sejenis makanan berat
dengan kandungan karbohidrat tinggi yang dikemas seperti makanan ringan. Harga
jajanan ini perbungkusnya sangatlah terjangkau untuk berbagai kalangan.
Ubi Jalar
Goreng Aneka Rasa di distribusi ke area kampus yakni di kampus UNM Parang
Tambung. Setelah memasuki area kampus, produsen lalu menjajakan jajanan ini di
beberapa fakultas yang ada di kampus. Selain itu, dijajakan ke kos-kosan. Untuk
tahap selanjutnya dalam pendistribusiannya rencana akan di tempatkan di
beberapa kios dan warung makan. Sementara itu, untuk pemasaran lebih lanjut
akan dipasarkan di sekitar Sulawesi Selatan dengan cara membuka cabang di
beberapa daerah.
Ada beberapa
keunggulan yang menjadi daya tarik dari Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa yang menjadi daya tarik dalam
menjajakannya yang membedakannya dengan ubi jalar goreng yang ada di Sulawesi
Selatan :
·
Produk yang
berkualitas tinggi
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa dibuat dengan menggunakan
bahan baku yang berkualitas tinggi yakni ubi jalar yang dipasok langsung dari
pihak perkebunan di beberapa daerah di Sulawesi Selatan khususnya di Enrekang.
Ubi jalar dikenal sebagai sejenis umbi-umbian yang memiliki kandungan
karbohidrat, vitamin, mineral, dan zat tepung yang dibutuhkan oleh tubuh.
Selain bahan bakunya yang bermutu, proses pembuatannya juga secara tradisional
dan pengolahannya mengutamakan kebersihan. Pada proses penggorengan, minyak
yang digunakan juga mempunyai kualitas yang baik sehingga mengefisiensikan
waktu penggorengan, dan hasil yang diperoleh renyah, gurih, dan tahan lama.
·
Rasa yang bervariasi
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa terdiri dari 5 variasi
rasa. Variasi rasa yang ditawarkan disesuaikan dengan selera konsumen sehingga
banyak disukai oleh konsumen. Kelima variasi rasa tersebut adalah Pizza,
Barbeque, keju, balado dan pedas manis. Adanya rasa yang beraneka ragam
memberikan peluang bagi konsumen untuk memilih yang digemari dan ini juga
mengatasi rasa bosan konsumen dengan rasa yang tidak bervaiasi.
·
Harga yang
terjangkau
Harga
dari produk ini sangatlah terjangkau untuk semua kalangan khususnya mahasiswa
hingga anak-anak dan orang dewasa. Harga yang diberikan untuk setiap kemasannya
yaitu Rp 1000,- untuk setiap jenis rasa.
·
Bebas dari
bahan-bahan kimia
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa bebas dari bahan-bahan
kimia misalnya pestisida, mulai dari bahan baku yang digunakan, hingga proses
pengolahannya. Berikut taknik pengolahannya yaitu :
1)
Ubi jalar dikupas dan direndam pada air yang telah
diberi garam dengan tujuan untuk menghilangkan getah ubi dan membuat ubi jalar
tahan dalam penyimpanan untuk beberapa hari.
2)
Ubi jalar di buat dengan berbagai bentuk menggunakan
parut ubi. Ubi diparut tebal dan diparut tipis seusuai permintaan konsumen.Dan
didiamkan pada air yang diberi garam beberapa menit.
3)
Ubi lalu ditiriskan dan didiamkan beberapa menit untuk
meningkatkan kerenyahan.
4)
Menggoreng ubi jalar tadi hingga berubah warna menjadi
kuning kecoklatan yang menandakan ubi jalar telah matang.
5)
Ditiriskan, lalu diberi bumbu rasa sesuai dengan yang
diinginkan.
6)
Kemudian melalui proses pengemasan sebagai berikut :
a. pemberian label produksi
b. melalui proses pengepakan
7)
Tidak
menggunakan bahan pengawet.
8)
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa siap dipasarkan.
·
Mudah
diperoleh
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa mudah diperoleh karena
dijajakan di area kampus Parang Tambung dan di kos-kosan. Jika ingin memesannya
bisa menghubungi pihak produsen.
b.
Produk yang
ditawarkan
1)
Ubi Jalar Goreng rasa
Barbeque
2)
Ubi Jalar Goreng rasa
Keju
3)
Ubi Jalar Goreng rasa
Pizza
4)
Ubi Jalar Goreng rasa
Pedas manis
5)
Ubi Jalar Goreng rasa Balado
c.
Harga
Harga
dari produk ini untuk setiap variasi rasa sama yakni Rp 1000,-.
III. PASAR
·
Pihak produsen
mendistribusikan produknya diawali pada 2 lokasi yaitu di area kampus UNM Parang
Tambung dan di kos-kosan.
·
Komentar
dan Saran Konsumen terhadap Produk Pemasaran
a.
Menambah variasi rasa Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa agar
konsumen tidak bosan.
b.
Kemasan lebih diperunik lagi sebagai salah satu daya
tarik agar konsumen tertarik membeli produk ini.
c.
Pemasaran sebaiknya tidak hanya di area kampus dan
kos-kosan saja tapi di sebar ke beberapa tempat agar lebih mudah diketahui oleh
masyarakat luar.
d.
Meningkatkan
kegiatan promosi terhadap produk Ubi Jalar Goreng
Aneka Rasa agar dapat
memberikan kelarisan bagi produsen.
e.
Tekstur dari Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa agak keras
dan ada juga yang lembek, sebaiknya tekturnya dibuat renyah.
·
Positioning
Agar
dapat menarik perhatian calon pelanggannya, Ubi Jalar
Goreng Aneka Rasa merancang
beberapa strategi positioning yang atraktif. Beberapa statement positioning
yang biasa digunakan, misalnya :
“Ubi
Jalar Goreng Aneka Rasa…….Ledakan Rasa Disetiap Gigitannya”
IV. PELANGGAN
·
Sasaran utama dari pemasaran Ubi Jalar Goreng Aneka
Rasa yaitu mahasiswa UNM Parang Tambung dan anak-anak. Sehingga Ubi Jalar
Goreng Aneka Rasa dijajakan di kampus dan di kos-kosan.
·
Pihak produksi berharap frekuensi pembelian ulang
konsumen meningkat. Selain itu diharapkan sekitar 50 % pesanan melalui tempat
produksi.
V. PERSAINGAN
Usaha kami
masuk ke dalam area persaingan ketika mulai didirikan hingga dijalankan. Adapun
aspek-aspek yang sering bersaing selama menjalankan usaha ini adalah :
a. Kualitas
Poduk
b. Pemasaran
c. Pelayanan
d. Pengenalan
akan nama merek
e. Lokasi
Produksi
·
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa akan bersaing dengan
jajanan-jajanan gorengan lain akan tetapi masih jarang yang menggunakan bahan
baku ubi jalar untuk dijadikan seperti keripik dan rasa-rasa yang disedikan
juga masih terbatas sehingga memberi peluang bagi usaha kami untuk memasuki
area perdagangan khususnya Sulawesi Selatan.
VI. MANAJEMEN
Struktur
manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek sebagai berikut :
·
Profesionalisme.
·
Keahlian
dalam masalah keuangan, dan manajemen.
·
Atribut-atribut
pribadi seperti semangat, ambisi, daya inisiatif, dan kesabaran, inovatif,
kreatif, fleksibel, percaya diri.
·
Berorientasi pada tugas dan hasil.
·
Pengambil resiko dan suka tantangan.
VII. PROYEKSI KEUANGAN
Modal
Ringkasan Modal sebagai berikut:
Nama Bahan
|
Harga
|
Satuan
|
Total
|
Ubi Jalar
|
Rp. 2.500,-
|
18 kg
|
Rp. 45.000,-
|
Bumbu :
Rasa
Barbeque
Rasa
Pizza
Rasa
Pedas Manis
Rasa Keju
Rasa Balado
|
Rp. 3.300,-
Rp. 6.500,-
Rp. 5.900,-
Rp. 10.500,-
Rp. 7.700,-
|
1 bungkus
1 bungkus
1 bungkus
1 bungkus
1 bungkus
|
Rp. 3.300,-
Rp. 6.500,-
Rp. 5.900,-
Rp. 10.500,-
Rp. 7.700,-
|
Minyak
Goreng
|
Rp. 11.350,-
|
4 liter
|
Rp. 45.400,-
|
Minyak
Tanah
|
Rp. 10.000,-
|
2 liter
|
Rp.20.000,-
|
Plastik @400 lembar
|
Rp. 6.950,-
|
2 bungkus
|
Rp. 13.900,-
|
Label
|
Rp. 500,-
|
10 lembar
|
Rp. 2.000,-
|
Lilin
|
Rp. 1.000,-
|
2 batang
|
Rp. 2.000,-
|
Garam
|
Rp. 1.000,-
|
3 bungkus
|
Rp. 3.000,-
|
Masako
|
Rp. 500,-
|
2 bungkus
|
Rp. 1.000,-
|
Peniris
|
Rp. 8.100,-
|
1 buah
|
Rp. 8.100,-
|
transportasi
|
Rp. 10000
|
-
|
Rp. 10.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 184.300,-
|
Ø Penjualan
Asumsi penjualan tahap
awal adalah rata-rata 50
produk yang terjual hanya dalam waktu 1 hari dan dilakukan selama 2 hari
berturut-turut setiap minggu. Jadi dalam seminggu ditargetkan terjual 100
kemasan.
Ø Laba
Dalam 1 kali produksi
menghasilkan sekitar 50
kemasan
Ubi Jalar Goreng Aneka Rasa dengan modal Rp. 184.300,-
Laba
/ keuntungan : Pemasukan – Pengeluaran
:
Rp. 365.000,- - Rp. 184.300,-
:
Rp. 180.700,-
Dari perhitungan laba/keuntungan tersebut dapat diperoleh
laba/keuntungan sebesar Rp. 180.700,-. Ini merupakan
total laba yang usaha kami peroleh selama menjalankan usaha ini. Ini merupakan
laba yang lumayan besar untuk interpreneur pemula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar