A. Deskripsi
Usaha
1. Visi
dan Misi
a.
Visi
Menjadi
toko yang menyediakan aneka sepatu dan sandal batik modern dari bahan organic yang
memiliki aneka macam motif yang
mencirikan budaya bangsa dengan harga terjangkau
b.
Misi
Untuk
mewujudkan visi tersebut maka ditetapkan
beberapa misi yang harus dilaksanakan , yaitu :
1)
Menyediakan
produk sepatu dan sandal batik organik yang berkualitas dan menarik perhatian
konsumen
2)
Menyediakan
desain khusus bagi konsumen yang ingin memesan secara khusus
3)
Memberikan
pelayanan yang baik bagi konsumen
2. Analisis
Situasi
Batik
adalah tradisi bangsa Indonesia peninggalan leluhur, yang sudah dilestarikan
oleh para perajin secara turun temurun. Keberadaannya sudah diakui oleh dunia
sebagai warisan budaya yang sangat adi luhung. Dengan batik Indonesia dikenal
diseluruh dunia sebagai bangsa yang mempunyai budaya yang sangat tinggi.
Keberadaan batik sebagai salah satu simbol ketinggian budaya bagi bangsa
indonesia sudah tidak diragukan lagi.
Perkembangan
batik tersebut, memang sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia, karena dengan
pengembangan tersebut, bukan hanya budaya leluhur dapat dilestarikan, tetapi
juga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga bagi para pelaku perajin
batik. Bahkan batik yang diproduksi secara masal dapat dikembangkan sebagai barang
industri yang bisa dieksport dan dapat mendatangkan devisa bagi negara.
Sayangnya,
proses pembuatan batik tersebut ternyata menimbulkan ancaman pencemaran
lingkungan. Pencemaran ini dipicu dari pemakaian pewarna batik yang masih
mengandalkan bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan, bukan
hanya bagi para pelaku pengrajin batik, tetapi juga hasil pembuangannya bisa
menyebabkan pencemaran air. Hal ini terjadi karena tidak semua pengrajin
mempunyai dana yang cukup untuk mengelola limbah dari proses pembuatan batik
tersebut. Akibatnya limbah tersebut bisa menimbulkan pencemaran bagi lingkungan
sekitar pengrajin batik tersebut.
Perkembangan
peminat batik di makassar saat ini sangat bagus dan cepat. Ini terbukti dengan
pemakaian Batik ke kantor, ke kampus oleh mahasiswa, dan ke acara-acara non
formal lainnya. Oleh karena itu, merupakan suatu peluang yang bagus untuk
menjual produk batik organic khususnya sepatu dan sandal.
Saat
ini, banyak masyarakat yang telah menggunakan pakaian batik dengan berbagai
variasi motifnya, sehingga “Batik Organik Shop” ingin melakukan inovasi pada
pembuatan sepatu dan sandal batik karena masih jarang yang menggunakan. Selain
itu, outlet akan didesain dengan menggunakan batik sehingga menarik perhatian
masyarakat dan harga sepatu serta sandal batiknya terjangkau dengan kualitas
yang baik.
3.
Gambaran Produk
a.
Keunggulan
Produk
Batik adalah kerajinan yang memiliki
nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama.
Saat ini telah bermunculan toko-toko batik bahkan di pasar tradisional telah
banyak yang menjual batik sehingga persaingan semakin ketat. Namun sebagian
besar menjual pakaian dan tas-tas batik, masih jarang sepatu-sepatu dan
sandal-sandal batik sehingga melalui
promosi dan pamphlet maupun iklan di jejaring social diharapkan masyarakat
dapat mengetahui adanya toko batik yang menjual beraneka ragam sepatu batik
modern dengan desain-desain unik dan menarik serta harga yang relative murah.
b.
Keunikan
Produk
Keunikan
produk adalah pembeli dapat melakukan pemesanan khusus apabila menginginkan
desainnya sendiri dan juga sepatu dan sandal batik yang tersedia mulai dari
anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain itu tersedia juga sepatu dan sandal batik
couple dan keluarga serta teknik penjualan yang mengikuti perkembangan IT dalam
menunjang proses penjualan.
4. Lingkungan
Tempat Penjualan
Lokasi
toko berada di Jalan Somba Opu. Lokasi ini dekat Pantai Losari yang sudah
menjadi salah satu icon kota Makassar yang banyak dikunjungi oleh wisatawan
asing dan wisatawan domestic. Lokasinya sangat strategis dan mudah diakses
serta banyak dilalui pengguna jalan.
5. Model
Bisnis
Model
bisnis yang dijalankan dengan model pembukaan outlet di Jalan Somba Opu serta
promosi melalui jejaring social yang secara umum telah digunakan oleh
masyarakat luas.
6.
Resiko
Adapun resiko yang mungkin terjadi selama perjalanan usaha serta usaha untuk menanggulanginya, yaitu :
Adapun resiko yang mungkin terjadi selama perjalanan usaha serta usaha untuk menanggulanginya, yaitu :
a.
Persaingan
Saat
ini, bisnis batik mulai banyak berkembang hingga promosi di jejaring social.
Hal ini tentunya menumbuhkan persaingan antar sesame toko batik. Sehingga hal
ini harus disiasati, misalnya dengan menawarkan harga yang relative murah
dengan desain unik dan terkesan modern.Karena, masih banyak remaja yang
beranggapan batik membuat mereka nampak lebih tua. Oleh kartena itu dibutuhkan
desain yang cantik untuk sepatu dan sandal sehingga dapat menarik perhatian
semua orang dari anak-anak hingga dewasa.
b.
Keamanan
Gangguan kemanan merupakan hal yang sdh
sering terjadi pada berbagai usaha, misalnya pencurian.Untuk meminimalisir
terjadinya pencurian maka dipasang CCTV sehingga aktivitas dalam toko dapat
diamati.
B. Pemasaran
1.
Sasaran
Pemasaran
Konsumen sebagai pegguna produk yang
menjadi target pemasaran adalah masyarakat luas pada umunya dan remaja pada
khususnya.
2.
Strategi
Pemasaran
a.
Produk
Produk
didesain dengan unik dan menarik yang terdiri dari berbagai macam variasi serta
motif batik. Produk sandal dan sepatu dapat juga didesain sesuai keinginan
pembeli.
b.
Harga
Jual
Harga
jual disesuaikan dengan jenis produknya dengan harga yang terjangkau
c.
Promosi
Promosi
dilakukan melaui jejaring social seperti FB,Twitter,Koprol,dll dan pamphlet
serta catalog.
d.
Sistem
Pemasaran dan Distribusi
Pemasaran
dilakukan mulai dari toko sandal dan sepatu batik yang terletak di Jalan Somba
Opu dan jekaring social yang banyak digunakan masyarakat saat ini.
C. Keuangan
Kebutuhan Modal Awal pada Bulan Pertama
Usaha “Organic Batik Shop”
Investasi
yang diperlukan biaya produk
INVESTASI
AWAL
|
||||
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Harga Total
|
1.
|
Sepatu
|
3 lusin
|
Rp. 760.000,00
|
Rp. 2. 160.000,00
|
2.
|
Sandal
|
3 lusin
|
Rp. 480.000,00
|
Rp.1. 840.000,00
|
3.
|
Cermin
|
4 buah
|
Rp. 100.000,00
|
Rp. 400.000,00
|
4.
|
Rak Kaca
|
4 buah
|
Rp. 500.000,00
|
Rp. 2.000.000,00
|
5.
|
Meja Kasir
|
1 buah
|
Rp.1.000.000,00
|
Rp.1.000.000,00
|
6.
|
Patung kaki
|
20 buah
|
Rp.
100.000,00
|
Rp.2.000.000,00
|
7.
|
Kursi
|
4 buah
|
Rp.
100.000,00
|
Rp . 400.000,00
|
8.
|
Kamera CCTV
|
1 set
|
Rp.2.000.000,00
|
Rp.2.000.000,00
|
9.
|
Speaker
|
1 buah
|
Rp.
100.000,00
|
Rp.
100.000,00
|
10
|
Notebook
|
1 set
|
Rp.3.000.000,00
|
Rp.3.000.000,00
|
11.
|
Modem
|
1 buah
|
Rp.
300.000,00
|
Rp.
300.000,00
|
12.
|
Sewa Tempat
|
1 unit
|
Rp.5.000.000,00
|
Rp.5.000.000,00
|
13.
|
Kain batik
|
1 gulung
|
Rp. 1000.000,00
|
Rp. 1000.000,00
|
Total Modal Produksi
yang dibutuhkan
|
Rp. 21.200.000,00
|
|||
Honor konsultan (10% dari modal
produksi)
|
Rp.
2.120.000,00
|
|||
Total Investasi yang
dibutuhkan
|
Rp.22.320.000,00
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar