A.Deskripsi Usaha
1. Visi dan Misi
a.
Visi
Menjadi
toko distro yang menyediakan berbagai macam desain sandang yang berkelas
nasional dan internasional dengan haga yang terjangkau.
b. Misi
Untuk
mewujudkan visi tersebut maka ditetapkan beberapa misi yang harus dilaksanakan,
yaitu:
1) Memberikan
pelayanan yang baik kepada konsumen untuk memperoleh desain pakaian yang sesuai
keinginan
2) Menyediakan
berbagai produk desain pakaian yang menarik dan berkualitas
2.
Analisis Situasi
Kata
“Distro” diambil dari kata “Distribution
Outlet” yang berarti toko yang menjual jenis pakaian yang berkualitas
tinggi. Saat ini jenis pakaian distro banyak diminati oleh para remaja dan
dewasa khususnya pada daerah perkotaan.
Kualitas
pakaian terbagi atas dua tingkat, yaitu kualitas nasional yang diproduksi oleh
konveksi lokal dan kualitas internasional yang merupakan pakaian impor. Pakaian
distro diperoleh dari gudang pakaian distro di Bandung, Jawa Barat.
Dari segi
harga, harga pakaian yang kami tawarkan relatif jauh lebih murah dibanding
harga pada outlet distro pada umumnya. Hal ini dikarenakan pada outlet distro,
barang yang didistribusikan dikenakan pajak serta pengaturan harga oleh sesama
pemilik distro demi memperoleh keuntungan besar dan mengurangi persaingan tidak
sehat.
Dari segi pemasanaran, outlet distro sudah banyak di kota besar seperti
Makassar untuk itu kami mancoba melakukan inovasi pada teknik penjualan. Teknik
penjualan yang dilakukan tidak hanya terbatas pada ruang dan waktu dimana
pembeli harus datang ke toko untuk melihat desain yang diinginkan tapi juga
dengan sistem online yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Pembeli hanya
cukup melihat katalog yang disediakan dan apabila pembeli menemukan desain yang
disukainya maka pembeli dapat melakukan pemesanan. Namun apabila ada pesanan
khusus, maka pembeli dapat melakukan pemesanan dengan desain khusus yang
diinginkannya.
3.
Gambaran
Produk
a.
Keunggulan Produk
Pakaian distro sudah dikenal masyarakat
luas. Explo-Clothing menawarkan
berbagai desain pakaian yang terupdate dengan kualitas tinggi serta harga yang
ekonomis dibanding outlet distro umum lainnya.
b.
Keunikan Produk
Keunikan produk Explo-Clothing tawarkan adalah pembeli
dapat melakukan pemesanan khusus apabila menginginkan desainnya sendiri. Selain
itu teknik penjualan yang mengikuti perkembangan IT juga menjadi faktor unik
yang menunjang proses penjualan.
4.
Lingkungan Tempat
Penjualan
Lokasi Toko Explo-Clothing berada
di Jalan Daeng Tata Raya. Lokasi ini dekat dengan Jalan Raya sehingga mudah
diakses dan banyak dilalui oleh pengguna jalan. Keberadaan lokasi penjualan
tidak menimbulkan polusi, baik polusi udara, polusi suara, dan limbah.
5.
Model Bisnis
Model
bisnis yang dijalankan dengan model pembukaan outlet di Jalan Daeng Tata Raya
serta promosi melalui jejaring sosial yang secara umum telah digunakan oleh
masyarakat luas.
6.
Risiko
Selain
peluang usaha, adapula resiko yang mungkin terjadi di tengah perjalanan usaha
dan perlu dipersiapkan strategi untuk menanggulanginya. Risiko tersebut antara
lain :
a.
Persaingan
Di kota besar, outlet
distro banyak ditemukan. Hal ini tentunya akan menumbuhkan persaingan antar
sesama outlet. Namun hal tersebut dapat disiasati melalui promosi baik melalui
pamflet maupun iklan di jejaring sosial. Selain itu, dengan menawarkan harga
yang relatif lebih murah dibanding outlet lain maka pembeli akan lebih tertarik
pada outlet Explo-Clothing.
b.
Keamanan
Gangguan keamanan sudah menjadi hal yang sering terjadi
pada tiap outlet apapun. Gangguan keamanan yang dimaksud adalah kecurian. Untuk
meminimalisir kemungkinan tersebut maka pada outlet Explo-Clothing dipasangkan
set kamera CCTV sehingga aktivitas dalam outlet dapat diamati.
B. Pemasaran
1. Sasaran Pemasaran
Konsumen sebagai pengguna produk yang
menjadi target pemasaran adalah masyarakat luas pada umumnya dan remaja pada
khususnya.
2. Strategi Pemasaran
a. Produk
Produk
EXplo-Clothing didesain sesuai dengan trend masa kini dan terdapat berbagai
variasi produk seperti t-shirt, shirt, jaket, sweater, jeans, rim, topi, tas,
sepatu, sandal. Produk EXplo-Clothing khususnya t- shirt dapat didesain sesuai
dengan keinginan pembeli.
b. Harga Jual
Harga jual produk
ini disesuaikan dengan jenis produknya. Namun, harga yang ditawarkan lebih
ekonomis dibandingkan dengan harga barang distro di pasaran.
c. Promosi
Promosi produk
EXplo-Clothing ini dilakukan dengan pembuatan katalog dan melalui jejaring
sosial yang ada.
d. Sistem Pemasaran dan Distribusi
Sistem Pemasaran
produk Explo-Clothing ini dimulai dari outlet yang terletak di jl. Dg. Tata
Raya dan juga melalui jejaring sosial seperti blog, facebook, twitter, serta
pemasaran iklan di website lainnya.
C. Keuangan
1. Biaya untuk memulai
Bisnis
Modal usaha (bergulir) yang dikeluarkan
adalah Rp. 39.270.000,00. Pihak Universitas Negeri
Makassar (UNM) akan memotong 10% dari total modal yang dibutuhkan, yakni
sebesar Rp.
3.570.000,00 untuk honor
konsultan selama satu tahun dan akan diberikan kepada konsultan setiap
bulannya. Kebutuhan modal untuk memulai usaha adalah sebesar Rp. 35.700.000,00. Dana tersebut dialokasikan untuk kebutuhan
pengeluaran awal memulai
bisnis.
Berikut ini adalah rincian kebutuhan awal yang dibutuhkan untuk menjalankan
usaha awal Explo-Clothing.
Kebutuhan Modal Awal
pada Bulan Pertama
Usaha EXplo-Clothing
Investasi yang
diperlukan Biaya Produk
INVESTASI
AWAL
|
||||
No
|
Nama Baran
|
Jumlah
|
Harga satuan (ribu)
|
Harga satuan (ribu)
|
1
|
Stand
hanger
|
4
buah
|
Rp. 100.000
|
Rp.
400.000
|
2
|
Etalase
|
2
buah
|
Rp. 700.000
|
Rp.
1.400.000
|
3
|
Hanger
|
10
lusin
|
Rp. 50.000
|
Rp.
500.000
|
4
|
Rak
sepatu
|
1
buah
|
Rp. 500.000
|
Rp.
500.000
|
5
|
Patung
model
|
2
buah
|
Rp.
300.000
|
Rp.
600.000
|
6
|
Cermin
fitting room
|
1
set
|
Rp.
150.000
|
Rp.
150.000
|
7
|
Cermin
|
2
buah
|
Rp.
100.000
|
Rp.
200.000
|
8
|
Rel
gorden
|
1
buah
|
Rp.
50.000
|
Rp.
50.000
|
9
|
Kursi
|
2
buah
|
Rp.
500.000
|
Rp.
1.000.000
|
10
|
Mesin
kasir
|
1
buah
|
Rp.
2.000.000
|
Rp.
2.000.000
|
11
|
Kipas
angin
|
2
buah
|
Rp. 500.000
|
Rp.
1.000.000
|
12
|
Kamera
CCTV
|
1
set
|
Rp.
2.000.000
|
Rp.
2.000.000
|
13
|
Speaker
|
1
buah
|
Rp.
300.000
|
Rp.
300.000
|
14
|
Laptop
|
1
set
|
Rp.
3.000.000
|
Rp. 3.000.000
|
15
|
Modem
|
1
buah
|
Rp.
300.000
|
Rp.
300.000
|
16
|
Sewa
tempat
|
1
buah
|
Rp.
10.000.000
|
Rp.
10.000.000
|
17
|
Gaji
karyawan
|
3
orang
|
Rp. 500.000
|
Rp.
1.500.000
|
18
|
T-shirt
|
2
lusin
|
Rp. 540.000
|
Rp. 1.080.000
|
19
|
Shirt
|
2
lusin
|
Rp. 900.000
|
Rp. 1.800.000
|
20
|
Jaket
|
1
lusin
|
Rp. 1.140.000
|
Rp. 1.140.000
|
21
|
Sweeter
|
1 lusin
|
Rp. 1.140.000
|
Rp. 1.140.000
|
22
|
Sepatu
|
2 lusin
|
Rp. 1.440.000
|
Rp. 2.880.000
|
23
|
Sandal
|
2 lusin
|
Rp. 240.000
|
Rp. 480.000
|
24
|
Tas
|
1
lusin
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 1.800.000
|
25
|
Rim
|
1
lusin
|
Rp. 480.000
|
Rp. 480.000
|
Total Modal Produksi
yang dibutuhkan
|
Rp. 35.700.000
|
|||
19
|
Honor Konsultan (10% dari total modal
produksi)
|
Rp. 3.570.000
|
||
Total
investasi awal yang dibutuhkan
|
Rp. 39.270.000
|
ingin join sebagai member fitnes
BalasHapus