RUMAH MAKAN
Cassava House Food
A.
DESKRIPSI USAHA
Cassava House Food merupakan
usaha rumah makanan yang menyajikan aneka makanan yang berbahan dasar singkong
(Cassava) ala metropolitan yang
bernuansa tradisional setara restoran bintang lima dengan harga terjangkau.
Usaha ini memanfaatkan singkong yang dipandang sebelah mata menjadi makanan
olahan yang memiliki nilai jual dan gizi yang tinggi dan diperhitungkan keberadaannya.
Produk usaha ini menciptakan kreasi baru dari bahan singkong seperti mie goreng singkong,
Cassava rice fried, bakso singkong,
sop singkong, steak singkong, jus singkong, dan gorengan singkong
berbagai rasa agar lebih menarik.
1. Visi dan Misi
a.
Visi
1) Memanfaatkan kelimpahan
hasil pertanian singkong
2) Meningkatkan
kualitas saji singkong menjadi makanan metropolitan yang bernuansa tradisional
b.
Misi
Untuk
mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan misi-misi yang harus dilaksanakan,
yaitu:
1) Memproduksi
makanan olahan singkong
2) Memperkenalkan
produk singkong dengan berbagai variasi sajian kepada konsumen yaitu
mempromosikan keunggulan produk dan bahan baku asli.
3) Meningkatkan
kualitas produk singkong dari bahan yang digunakan, rasa, kebersihan produk dan
nilai kandungan gizi yang terkandung.
2. Analisis Situasi
Singkong (Manihot
utillisima) merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak terdapat di
Indonesia dan tanaman ini mudah untuk dibudidayakan hampir diseluruh daerah di
Indonesia. Singkong juga kaya akan karbohidrat dan mudah diolah menjadi produk
makanan.
Cassava House Food merupakan
usaha rumah makanan yang menyajikan aneka makanan yang berbahan dasar singkong
(Cassava) ala metropolitan yang bernuansa tradisional . Usaha ini memanfaatkan
singkong yang dipandang sebelah mata menjadi makanan olahan yang memiliki nilai
jual dan gizi yang tinggi dan
diperhitungkan keberadaannya
Bahan dasar makanan yang terdapat di Cassava House Food adalah singkong yang menggunakan bahan baku
asli. Bahan baku produk makanan di Cassava
House Food diperoleh langsung dari kebun
pribadi yang dimiliki salah satu anggota kelompok yang terletak di sekitar
Daya, Makassar.
Dari segi pemasaran sudah ada banyak produk singkong yang
dijual di pasar maupun toko-toko makanan berupa keripik dan gorengan singkong, namun untuk makanan yang
disajikan di Cassava House Food
seperti mie goreng singkong, Cassava
rice fried, bakso singkong, sop singkong, steak singkong, jus singkong,
dan gorengan singkong berbagai rasa
jarang di temukan di daerah selain pulau Jawa. Untuk itu kami mencoba membuat
rumah makan Cassava House Food yang
menyajikan makanan berbahan dasar singkong yang lebih menarik dan memiliki cita
rasa yang tidak kalah dengan restoran bintang lima dengan harga yang
terjangkau.. Selain itu dengan terbukannya rumah makan ini akan membuka peluang
bisnis atau usaha sampingan mahasiswa UNM di sela-sela kesibukan kuliah untuk
meningkatkan jiwa kewirausahaan dan menambah penghasilan mahasiswa.
3. Gambaran Produk
a.
Keunikan Produk
1)
Keunikan dari rumah makan Cassava House Food yang kami tawarkan adalah semua makanan yang
disajikan bahan dasar singkong.
2)
Singkong yang menjadi bahan dasar makanan pada rumah
makan Cassava House Food mudah
didapatkan di banyak tempat tanpa memperhatikan musim tanam sehingga kelanjutan
rumah makan Cassava House Food dapat
dipertahankan.
3)
Makanan yang disajikan di Cassava House Food sangatlah unik dan menarik bahkan jarang
ditemukan
4)
Cassava House
Food bernuansa tradisional Sulawesi Selatan ala metropolitan setara dengan
restoran bintang lima dengan harga terjangkau.
b.
Novelty (Inovasi / Keunggulan Produk)
Produk singkong sudah dikenal masyarakat luas, namun makanan yang disajikan di Cassava House Food belum familiar di
lidah masyarakat Sul-Sel, dan karena keunikan itulah, inovasi makanan tersebut
sangatlah ditunggu-tunggu dan tentu saja akan menjadi incaran para pecinta
kuliner.
4. Lingkungan Tempat Produksi
Tempat produksi Cassava House Food terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan
(depan Kampus STIMIK Dipanegara), Makassar. Lokasi ini dekat dengan jalan raya
sehingga mudah untuk diakses dengan kendaraan umum.
5. Model Bisnis
Model bisnis yang dijalankan adalah berbentuk rumah makan tradisional
6. Risiko
Selain memiliki peluang usaha kami juga memiliki resiko yang harus dihadapi
dan dicari solusinya. Beberapa resiko yang mungkin akan kami hadapi diantaranya
adalah:
a.
Persaingan
Sekarang ini banyak makanan yang diproduksi dari singkong dan beranekaragam
serta rasa, usaha yang kami lakukan ini untuk menarik minat konsumen dengan
melakukan promosi produk secara berkesinambungan serta membuat produk dengan
tampilan menarik dengan berbagai rasa sesuai dengan selera konsumen yang
diminati pada saat ini. Membagikan tester dengan selebaran yang menjelaskan
tentang keunggulan produk serta manfaatnya bagi kesehatan.
b.
Daya tahan produk
Produk olahan singkong bersifat kurang tahan lama, namun karena makanan yang disajikan langsung
dikonsumsi oleh konsumen sehingga daya tahan produk kurang kami perhatikan.
B.
PRODUKSI
1. Bahan dan Alat Produksi
Usaha Cassava House Food, makanannya membutuhkan bahan baku berupa singkong.
Bahan baku tersebut tersedia cukup melimpah dan mudah untuk didapatkan. Bahan
pendukung antara lain air, kelapa muda, gula jawa, garam, daun pandan, gula
pasir, dan berbagai jenis buah dan
sebagainya. Peralatan yang digunakan antara lain kompor, panci, pisau, talenan,
baskom, loyang, plastik pembungkus, kertas minyak, kertas warna, wajan, dan
parutan. Usaha Cassava House Food juga membutuhkan biaya tempat produksi.
Tabel. Peralatan dan bahan baku
INVESTASI
AWAL
|
||||
No.
|
Nama
Barang
|
Jumlah
Barang
(a)
|
Harga
Satuan
(b)
|
Harga
Total (a x b)
|
1.
|
Tempat
(ruko) (6 x 15 meter)
|
1
buah
|
Rp
10.000.000
|
Rp
10.000.000
|
2.
|
Perlengkapan
properti (meja lesehan, ornamen tradisional)
|
10
buah
|
Rp.
1.000.000
|
Rp.
10.000.000
|
3.
|
Kompor
gas
|
3
buah
|
Rp.
300.000
|
Rp.
900.000
|
4.
|
Piring
besar
|
5
lusin
|
Rp.
150.000
|
Rp.
750.000
|
5.
|
Piring
kecil
|
3
lusin
|
Rp.
50.000
|
Rp.
150.000
|
6.
|
Mangkok
|
3
lusin
|
Rp.
100.000
|
Rp.
300.000
|
7.
|
Gelas
|
5
lusin
|
Rp.
50.000
|
Rp.
250.000
|
8.
|
Sendok+
garpu + sumpit
|
@5
lusin
|
Rp.
50.000
|
Rp.
750.000
|
9.
|
Peralatan
masak (pisau, wajan, panci,dll)
|
3
set
|
Rp.
1.000.000
|
Rp.
3.000.000
|
10.
|
Bahan-bahan
|
Rp.
15.000.000
|
||
Total
investasi awal yang dibutuhkan
|
Rp.
41.100.000
|
2. Proses Produksi
Salah satu menu andalan dalam Cassava House Food adalah cassava rice fried dan jus singkong. Proses pembuatannya adalah sebagai
berikut :
a. Cassava rice fried
1) Singkong dikupas dan
dicuci sampai bersih.
2) Singkong diparut
kemudian dijemus sampai kering.
3) Bumbu-bumbu (bawang
putih, bawang merah, garam, kemiri, lada, cabe) dihaluskan dan ditumis sampai
harum di wajan.
4) Singkong yang sudah
kering dimasukkan ke dalam wajan tersebut dan diaduk hingga rata lalu
ditambahkan saus tiram.
5) Setelah semua bumbu
merata, angkat dan sajikan.
6) Taburi dengan potongan
ayam goreng yang telah disuir lalu taburi bawang goreng.
7) Lalu sajikan dengan
telur dadar, timun, dan kerupuk.
a. Jus singkong
1) Singkong dikupas dan
dicuci sampai bersih lalu direbus hingga matang (tidak terlalu lembek).
2) Rebusan singkong
potong dadu.
3) Siapkan singkong yang
telah dipotong dalam gelas kemudian masukkan serutan kelapa muda lalu potongan
singkong lagi kemudian tambahkan buah lengkeng. Setelah itu disiram dengan air
kelapa muda dan air gula jawa. Lalu taburi dengan kacang goreng dan serutan es,
serta perasan air lemon.
3. Kapasitas
Produksi
Kapasitas produksi
yang direncanakan adalah sebanyak 20 porsi untuk tiap jenis makanan setiap harinya.
C. PEMASARAN
1. Sasaran
Pemasaran
Konsumen
dari rumah makan Cassava House Food adalah seluruh
lapisan masyarakat indonesia pada umumnya dan makassar pada khususnya.
2. Strategi
Pemasaran
a.
Produk
Makanan
yang disajikan di rumah makan Cassava House
Food adalah hasil olahan singkong seperti mie goreng singkong, Cassava rice fried, bakso singkong, sop singkong,
steak singkong, jus singkong, dan gorengan singkong berbagai rasa, makanan yang
disajikan sangatlah unik dan menarik sehingga tentu saja menarik minat
masyarakat untuk mencicipi rasa unik makanan di rumah makan Cassava House Food.
b.
Harga Jual
Harga
jual makanan di rumah makan Cassava House
Food cukup terjangkau dan disesuaikan
dengan harga pasar yaitu ber kisar Rp 5.000- Rp 15.000. dengan tampilan ala
metropolitan dengan suasana tradisional, tentu saja akan menarik minat
konsumen.
c.
Promosi
Promosi
rumah makan Cassava House Food dilakukan dengan menggunakan media cetak
dan elektronik (radio) sehingga diharapkan media massa tersebut dapat menjadi
partner promise usaha kami dalam mendatangkan konsumen.
D.
KEUANGAN
1.
Biaya untuk memulai
Bisnis
Modal
usaha (bergulir) yang dikeluarkan adalah Rp. 26.400.000,00.
Pihak Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memotong 10% dari total modal yang
dibutuhkan, yakni sebesar Rp. 2.400.000,00 untuk honor konsultan selama
satu tahun dan akan diberikan kepada konsultan setiap bulannya. Kebutuhan modal untuk
memulai usaha adalah sebesar Rp. 24.000.000,00. Dana tersebut
dialokasikan untuk kebutuhan pengeluaran awal produksi. Berikut ini adalah
rincian kebutuhan awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha pada awal
produksi Tela Brand.
Kebutuhan Modal Awal
pada Bulan Pertama
Usaha Get_go Cassava
a. Investasi yang
diperlukan Biaya Produk
INVESTASI
AWAL
|
||||
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga satuan (ribu)
|
Harga satuan (ribu)
|
1
|
Kompor
|
1
buah
|
Rp. 5.000,00
|
Rp.
5.000,00
|
2
|
Panci
Kukus
|
1
buah
|
Rp. 3.000,00
|
Rp. 3.000,00
|
3
|
Stainless Steel Knife
|
1
buah
|
Rp. 2.000,00
|
Rp.
2.000,00
|
4
|
Parutan
|
1
buah
|
Rp. 2.000,00
|
Rp.
2.000,00
|
5
|
Wajan
|
1
buah
|
Rp. 1.000,00
|
Rp.
1.000,00
|
6
|
Alat
Penggorengan
|
1
set
|
Rp. 2.000,00
|
Rp.
2.000,00
|
7
|
Bahan-bahan
|
Rp. 9.000.00
|
||
Total Modal Produksi
yang dibutuhkan
|
Rp. 24.000,00
|
|||
8
|
Honor Konsultan (10% dari total modal
produksi)
|
Rp. 2.400,00
|
||
Total
investasi awal yang dibutuhkan
|
Rp. 26.400,00
|
2. Proyeksi rugi/laba
Proyeksi rugi/laba
dalam satu kali produksi usaha
Pendapatan
|
Total
|
|
1
|
Total Penjualan
|
Rp. 25.000,00
|
Total Pendapatan
|
Rp. 25.000,00
|
|
Biaya Produksi
|
Total
|
|
1
|
Biaya Variabel (Variable Cost)
|
Rp. 10.500,00
|
Biaya Bahan Baku dan Bahan Pendukung
|
Rp. 10.500,00
|
|
2
|
Biaya Tetap (Fixed Cost)
|
Rp. 5.000,00
|
Biaya Transportasi
|
Rp. 5.000,00
|
|
Biaya Listrik
|
Rp. 5.000,00
|
|
Total Biaya Tetap
|
Rp. 5.000,00
|
|
Total Biaya Produksi
|
Rp. 5.500,00
|
|
Laba
|
Rp. 36.500,00
|
3. Proyeksi Break Even Point (BEP)
Uraian
|
Total
|
|
PENJUALAN
|
||
1
|
130 bungkus
|
Rp.
65.000,00
|
Total Penjualan
|
Rp.
65.000,00
|
|
BIAYA VARIABEL
|
||
1
|
Biaya Bahan Baku dan Bahan Pendukung
|
Rp.
30.500,00
|
Total Biaya Variabel
|
Rp.
30.500,00
|
|
BIAYA TETAP
|
||
1
|
Biaya Transportasi
|
Rp.
10.000,00
|
Biaya Listrik
|
Rp.
5.000,00
|
|
Total Biaya Tetap
|
Rp.
15.000,00
|
|
BEP = FC/1 – (VC/Pendapatan)
|
Rp.
28.259,00
|
4. Proyeksi Profit/Benefit of Coast Ratio (BC RATIO)
Penjualan
|
Total
|
|
1
|
Pendapatan Penjualan
|
Rp.
65.000,00
|
Total Pendapatan
|
Rp.
65.000,00
|
|
Biaya Produksi
|
Total
|
|
1
|
Biaya Variabel
|
|
Biaya Bahan Baku dan Bahan Pendukung
|
Rp.
30.500,00
|
|
Total Biaya Variabel
|
Rp.
30.500,00
|
|
2
|
Biaya Tetap
|
|
Biaya Transportasi
|
Rp.
10.000,00
|
|
Biaya Listrik
|
Rp.
5.000,00
|
|
Total Biaya Tetap
|
Rp.
15.000,00
|
|
Total Biaya Produksi
|
Rp.
45.500,00
|
|
B/C RATIO = Pendapatan Penjualan/Biaya
Produksi
|
Rp. 1,428
|
Usaha Tela Brand layak dijalankan karena B/C RATIO >1,
yaitu 1,428.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar